Kampoeng Sastra STKIP Muhammadiyah Sidrap

SIDRAP – Kampoeng Sastra yang kemudian disingkat dengan K-Stra merupakan salah satu UKM dibawah naungan HIMAPRODI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Sidrap yang fokus kajiannya membahas tentang kesusatraan Indonesia, Jum’at (8/05/2015).
Kehadiran K-Stra berawal dari mahasiswa HIMAPRPDI yang bertanya-tanya, “di Sidrap ini, siapa sih tokoh sastrawan yang bisa kita ajak untuk menimba ilmu???” dan pertanyaan itu hingga detik ini masih samar dan mengabu-abu jawabannya.

Kampus STKIP Muhammadiyah Sidrap yang berdiri sejak beberapa tahun yang lalu, tiap tahunnya mencetak alumni prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berangkat dari pemikiran dan perenungan itulah, sehingga mahasiswa dengan optimis mencetuskan Kampoeng Sastra yang sebenarnya pada awal dibentuknya atas nama Bengkel Sastra (BASTRA).
“Melalui wadah ini, diharapkan dapat mencetak dan membina para sastrawan muda khususnya mahasiswa agar lebih siap untuk mengharumkan Sastra kedepannya. Sehingga begitu mereka melepaskan jas birunya, mereka tetap tahu identitasnya” harapan Suriyani Iskandar.
Hingga saat ini, K-Stra telah menggelar beberapa kegiatan dan pelatihan, juga aktif melaksanakan kajian kesusastraan di Kampus STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang.
K-Stra yang saat ini diketuai oleh Suriyani Iskandar tengah sibuk mempersiapkan kegiatan Kemping Sastra yang dikemas 2 hari, 2 malam. Kegiatan ini akan dibuka dengan seminar kesastraan oleh Sastrawan Andika Mappasomba dari Sekolah Sastra Bulukumba, kemudian kemping di Danau Sidenreng, dan acara penutupnya akan melaksanakan pementasan di kampus STKIP Muhammadiyah Sidrap. namun itu sementara dalam proses, doakan semoga acaranya dapat terlaksana dengan baik.(ika/sp)