Amru “Si Kokam Junior” Pertama di Dunia dari Pemalang

Sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pemalang telah selesai melaksanakan Pendidikan dan Latihan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah Dalam rangka menguatkan dakwah dikalangan muda dengan melaunching “ Gerakan 1000 KOKAM”. Gerakan ini diawali dengan diselenggarakannya Diklat Khusus Pimpinan Kokam Pemuda Muhammadiyah dari ranting, cabang, dan daerah pada 16-18 Maret 2018. Seperti diterangkan Ahmad Roni Sulaiaman selaku ketua panitia ‘’ ini kita laksanakan untuk menguatkan dakwah anak muda, target kami 250 personil pimpinan pemuda Muhammadiyah tingkat ranting, cabang, utusan AUM dan Pimpinan daerah dapat mengikuti kegiatan ini, untuk kemudian pada 2019 target kita, seluruh jajaran pimpinan pemuda Muhammadiyah mampu menembus angka 1000 Kokam” terangnya.

Upacara pembukaan kegiatan Diksuspim ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Fanani yang meruapakan kader asli Pemalang yang saat ini menjadi salah satu Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Nampak hadir juga pimpinan daerah Muhammadiyah, dan ortomnya serta para alumni Kokam.

Ada yang berbeda dengan diklat- diklat Kokam ditempat lain, salah satu yang mengharukan sekaligus membanggakan adalah ketika ada peserta Diklat Kokam yang dihantarkan dan diserahkan langsung oleh orang tuanya saat pendaftaran. Bukan tanpa alasan kenapa peserta yang satu ini harus dihantarkan, menurut Wahyono Badri selaku sekretaris panitia tapi peserta yang satu ini luar biasa karena usianya baru 12 tahun. Sempat kebingungan sekaligus kagum karena dalam persyaratan usia minimal 17 tahun, tegasnya.

Peserta terkecil ini adalah Fazli Amru Mawla al Arisyi Daulay putra ketiga dari pasangan Arsyad Hadis Daulay dan Urifah yang saat ini masih duduk dibangku sekolah dasar, tepatnya di SD Muhammadiyah Kebondalem Pemalang. Seperti disampaikan orang tuanya ketika pendaftaran didepan panitia” saya awalnya khawatir, tapi Amru panggilan akrabnya ini malah nangis kalau tidak boleh ikut diklat Kokam” terang arsyad pada panitia.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani yang hadir dan langsung bertugas sebagai inspektur upacara pembukaan, dimana sebelumnya sudah dilaksnakan soft opening pada malam hari yang dibuka langsung oleh Ustad Abdul Muin Malilang selaku Ketua PDM Pemalang ini berjalan sesuai jadwal dengan materi yang cukup padat dan melelahkan.

Akan tetapi dalam setiap materi Amru terlihat enjoy meski waktunya hingga larut malam, meski sering kali tingkah kekanak- kanakannya masih terlihat sering kali membuat suasana penuh tawa pada sesi didalam ruangan karena jawaban Amru polos ketika mendapatkan pertanyaan dari pemateri.

Amru mampu membuktikan kengototannya mengikuti diklat pada orang tuannya dan seluruh panitia , instruktur dan peserta lainnya. Ketika Diksuspim ini diakhiri dengan kegiatan pembaretan kepada peserta yang telah mampu menyelesaikan seluruh rangkaiaan kegiatan dengan baik. Dari seluruh peserta, yang dikukuhkan hanya berjumlah 85 peserta dan resmi menyandang kader Kokam berbaret merah dan salah satu diantaranya adalah Amru “ Si KOKAM JUNIOR dari Pemalang”

Dengan sebelumnya menyusuri lumpur, seragam Amru sore itu bak seorang tentara berlumpur dengan langkah penuh percaya diri, dengan sedikit berkaca- kaca karena rasa haru, sembari melantunkan Sang Surya Amru memberi hormat pada bendera merah putih, bendera Muhammadiyah, bendera Kokam dan menciumnya sembari terus melantukan mars Muhammadiyah. Seluruh hadirin kagum pada si “Kokam Junior” ini, sementara sebagian lainnya yang secara usia masih banyak yang terpaksa belum dikukuhkan karena tidak menyelesaikan rangkaian diklat , Amru mampu menjadi Kokam Junior pertama di Indonesia seperti yang disampaikan Fakhruri salah satu panitia diklat,” ya amru si “Kokam Junior” insya Allah pertama di Indonesia bahkan dunia”.

Rasa harupun tidak dapat dibendung Wahyono Badrie selaku Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah saat menyampaikan amanat upacara penutupan. Wahyono memberikan salam hormat kepada Amru dan memeluknya diikuti seluruh penitia, instruktur, dan tamu yang hadir. Sore itu seluruh yang hadir hampir belepotan lumpur karena harus memberikan ucapan selamat dan memeluk haru pasukan Amru si” Kokam Junior” beserta 84 peserta lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama antara peserta, instrktur, panitia dan seluruh tamu yang hadir. Diakhir kegiatan dalam sesi ramah tamah Wahyono Badrie mewakili M. Abdul Azis selaku ketua PDPM Pemalang, mengucap syukur atas terselenggaranya kegiatan diklat dengan lancar dan menyampikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah ikut serta mensukseskan kegiatan Diksuspim KOKAM PDPM Pemalang dan berharap Amru si “ Kokam Junior” dan teman- temannya yang telah dikukuhkan bisa menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna Muhammadiyah serta melanjutkan dakwah dimasyarakat mewujudkan cita-cita persyarikatan Muhammadiyah. (fkenar)