Pj Bupati Tubaba Lampung Berzakat di Lazismu Muhammadiyah

Pj Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba) Provinsi Lampung, Muhammad Firsada melakukan kewajiban selaku ummat muslim dengan menyerahkan pembayaran zakat nya di Lazismu kabupaten setempat, Senin ( 8/4) kemarin senilai 5 juta rupiah. Lazismu merupakan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Lazismu Kabupaten Tulang Bawang Barat dibentuk pasca terselenggaranya Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2022 dengan SK Pimpinan Daerah Muhammadiyah No 021/KEP/III.0/2023 tanggal 10 Juli 2023,  SK Badan Pengurus Lazismu Wilayah Lampung No : 13 BP/KEP/II.19/B/2023 tanggal 25 Oktober 2023 dengan  dengan SK Menteri Agama RI No 90 Tahun 2022 tanggal 26 Januari tahun 2022 dengan izin operasional kanwil Kemenag Provinsi Lampung No 393 tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022.

Pembayaran zakat Pj Bupati Tubaba, Muhammas Firsada ini di terima langsung oleh Ketua Badan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah, Bambang Wiyono. Dalam keterangan kepada media Ketua Lazismu Tubaba ini menyambut baik pembayaran zakat yang di lakukan oleh pejabat pemerintahan dalam hal ini Pj Bupati Tubaba, Muhammad Firsada. ” Zakat merupakan kewajiban seorang muslim yang harus di penuhi untuk menyempurnakan ibadah dan merupakan salah satu rukun islam yang ke tiga setelah shalat ” ujar Bambang Wiyono.

Dan dengan apa yang di lakukan oleh Pj Bupati ini akan mendorong keadilan sosial dan mampu mengentaskan kemiskinan karena zakat jika dikelola dan didayagunakan secara maksimal akan memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada, terang Bambang Wiyono. Sementara itu, ucapan terimakasih di sampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tubaba, H. Susilo Aris Nugroho atas pembayaran zakat yang di lakukan oleh Pj Bupati Tubaba, Muhammad Firsada di Lazismu ” ini merupakan bentuk kepercayaan atas lembaga yang kami kelola dan bentuk komitmen pemerintah daerah Tubaba dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengeluarkan  dan membayar zakat sebaga peningkatan kesejahteraan dan akan membantu menurunkan kemiskinan,” terang Susilo Aris Nugroho.  Dan hadirnya Lazismu di Tubaba dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.

Untuk di ketahui, Lazismu Tubaba kini sudah membentuk unit-unit Kantor Layanan di hampir keseluruhan kecamatan hingga ke ranting dan masjid-masjid yang ada di Tubaba. (red)