RS Siti Khadijah dan MDMC Gelar Lokakarya Penanggulangan Bencana

MAKASSAR – Rumah Sakit Siti Khadijah 1 bekerjasama dengan Program kesiapsiagaan rumah sakit dan kesiapan masyarakat untuk kedaruratan dan bencana MDMC Muhammadiyah, menggelar lokakarya rencana penanggulangan bencana rumah sakit, di Gedung Serbaguna Aisyiyah, Jl. Gunung Bulusaraung, Jumat, 10 April, pagi tadi.
Lokakarya tersebut sebagai tindaklanjut dari program sebelumnya, pelatihan dasar penaggulangan bencana yang sempat diseminarkan beberapa waktu yang lalu.
Wakil ketua Muhammadiyah Sulsel, Drs. KH. Dahlan Yusuf, menjelaskan bahwa memang sudah menjadi komitmen Muhammadiyah sejak beridirinya memprogramkan agenda-agenda kemanusiaan, termasuk dengan penanganan penaggulanagan bencana.
“Bencana tidak ada yang tahu, karena bersifat rahasia Tuhan, ada 4 yang tidak diketahui manusia, yaitu kiamat, turunnya hujan yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, anak dalam kandungan sehingga bidan harus siaga, hari esok yang penuh misteri,” urainya.
Semua hal tersebut lanjut Dahlan, terdapat penjelasannya dalam Al Quran. “Bencana tidak akan berhenti, karena bencana adalah ujian.” tambahnya.
Sebelumnya, Direktur RS Siti Khadijah, Dr. dr. Nasaruddin, S. Og, menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan pihak rumah sakit yang siap siaga bencana. (sp/fajar.co.id)