Geliat Dakwah Muhammadiyah di Pelosok Negeri

Geliat dakwah Muhammadiyah terus menyinari nusantara, kunci utamanya adalah keikhlasan dalam memperjuangkan nilai-nilai Islam dan berharap mendapat Ridho Allah SWT. Berikut ulasan singkat kegiatan – kegiatan Muhammadiyah di beberapa daerah. Semoga bisa menjadikan ghiroh perjuangan untuk kepentingan umat.
Sukoharjo – Pada hari Ahad (25/8) sekitar pukul 09.00 WIB dimulai acara peresmian SD Muhammadiyah Imam Syuhodo. Dalam acara tersebut Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing mengundang Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof.Dr.M.Din Syamsuddin, MA untuk meresmikan SD Muhammadiyah Imam Syuhodo. Peresmian ini bertempat di Komplek Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Imam Syuhodo. Dalam kesempatan ini Pak Din juga memberikan tausyiah kepada warga Muhammadiyah Sukoharjo yang hadir.
Sambutan Kepala PonPes Imam Syuhodo

Pak Din mengunjungi langsung Kompleks PonPes

Sidrap – Kabupaten Sidenreng Rappang (disingkat dengan nama Sidrap) terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Semangat ber-Muhammadiyah ternyata bisa kita rasakan di daerah ini. Bertempat di Masjid Baranti, Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidrap mengadakan silaturahim ke Jamaah masjid Baranti. Kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahim antara pengurus, anggota maupun simpatisan Muhammadiyah. Semoga semakin erat sehingga terwujud keharmonisan dalam ber-amar ma’ruf nahi munkar. Dalam kesempatan ini juga dihadiri Angkatan Muda Muhammadiyah Sidrap, generasi penerus persyarikatan ini.
Jamaah Masjid Baranti
Makan bareng untuk keakraban

Samarinda – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur pada hari Sabtu (24/8) mengadakan acara Halal bi Halal Keluarga Besar Muhammadiyah Kaltim. Bertempat di Muhammadiyah Center Samarinda, yang dihadiri Ketua PP Muhammadiyah, Drs.H.Goodwill Jubir. Beliau menyampaikan bahwa Muhammadiyah adalah Ladang mencari pahala, jangan sampai anggota Muhammadiyah membuang waktu sia-sia. Acara ini juga dihadiri Gubernur Kaltim, Bapak Dr.H.Awang Faroek Ishak, M.Si. Dalam kesempatan mulia ini, Walikota Samarinda memberikan bantuan berupa mobil operasional untuk PDM Kota Samarinda. Antusias warga Muhammadiyah di Samarinda luar biasa, dihadiri ribuan warga.

Jajaran Pimpinan Muhammadiyah

Penyerahan Bantuan Mobil Operasional

Garut – Pada kesempatan lain, Ketua PP Muhammadiyah, Dr.H.Haedar Nashir, M.Si berkunjung ke PDM Garut dalam rangka silaturahim juga. Dalam kesempatan ini Beliau menyatakan, ” Paham itu bukan hafal Al Qur’an, tetapi bagaimana satu ayat Al Qur’an ini bisa memberikan pencerahan kepada banyak orang. Seperti KH.Ahmad Dahlan dengan Surat Al Ma’un. Maka saya lebih senang dengan PKO ( Penolong Kesengsaraan Oemoem), artinya menolong setiap orang yang sengsara tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Itulah Rahmatan Lil ‘aalamiin . Pengajian Ba’da Ramadhan ini bertempat di Darul Arqam Garut pada Ahad pagi ( 25/8).

Silaturahim Muhammadiyah Garut
Cirebon – Acara silaturahim keluarga besar Muhammadiyah Kabupaten Cirebon bertempat di Masjid SMA Muhammadiyah Kedawung, Ahad (25/8). Sebagai penceramah H. Moh. Rizal Fadillah, S.H. dari Lembaga Haji Muhammadiyah Jawa Barat (PWM Jawa Barat). Ketua PDM Kab.Cirebon, Drs. Ahmad Dahlan, M.Ag dalam sambutannya menjelaskan bahwa Silaturahim adalah Sunnah Rosul. “Barang siapa memutus tali silaturahim maka dia tidak akan masuk surga”, ujar Beliau dengan mengutip bunyi Hadis. Dalam kesempatan ini Beliau mengabarkan bahwa PDM akan mengadakan gebyar milad pada Oktober mendatang. Berbagai acara spektakuler akan disiapkan, salah satunya apel akbar.
Silaturrahim Muhammadiyah Cirebon.
Demikian ulasan kegiatan dakwah Muhammadiyah di beberapa daerah. Semoga bisa memberikan inspirasi dalam ber-Muhammadiyah, yaitu amar ma’ruf nahi munkar, sehingga bisa terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, seperti apa yang dicita-citakan Muhammadiyah.

#mch