Larang Sahur On The Road, Fahira Idris Kecam Ahok

JAKARTA – Anggota DPD RI asal DKI Jakarta, Fahira Idris mengecam Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang melarang kegiatan Sahur On The Road (SOTR) selama Ramadhan. Menurutnya, Ahok seharusnya mengimbau peserta SOTR untuk tidak menyampah dan bukan melarang kegiatan amal tersebut. 
“Pak @basuki_btp saya himbau Anda untuk TIDAK MELARANG SAHUR ON THE STREET, CUKUP HIMBAU MEREKA UNTUK TIDAK NYAMPAH SAJA LAH,” tulis Fahira melalui akun Twitter-nya, Rabu (17/6). “Pak @basuki_btp itu pesta2 akhir tahun yg bikin nyampah kenapa tidak dilarang ?? TOLONG JANGAN LARANG S.O.T.S YA!,” lanjut Fahira. 
Putri Senior Golkar Fahmi Idris ini menegaskan jika ada yang membuang sampah hingga membuat keonaran, peserta tersebut harus ditangkap dan diberi sanksi. Lebih lanjut, senator asal Jakarta ini juga menantang, siapa pun yang melarang SOTR harus berhadapan dengannya. “Siapa pun yang melarang kegiatan Sahur on the street di wilayah #Indonesia akan berhadapan langsung dengan saya,” tegas Fahira Idris. 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau kegiatan SOTR selama Ramadhan ditiadakan. Pasalnya, kegiatan itu dinilai lebih banyak menonjolkan sisi negatif dibandingkan nilai positif. “Kita enggak mau ada satu contoh teladan yang salah. Sahur on the road bagus, tapi jadi tempat ngumpul, nyampah dan segala macam,” ujar Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2015). 
Basuki menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah untuk mengkaji pelarangan SOTR di Ibu Kota. Pemerintah Provinsi DKI dan Polda Metro Jaya telah melakukan pendekatan kepada pemuka agama soal kegiatan itu. 
Pria yang akrab disapa Ahok asal Belitung Timur ini sedang mempertimbangkan untuk secara resmi melarang SOTR. Hal serupa juga telah dilakukan oleh Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya Sugiarto. “Intinya buat apa puasa kalau buang sampah sembarangan. Katanya kebersihan itu sebagian dari iman. Saya enggak tahu, biar Pak Sekda yang atur pelarangan sahur ini,” katanya. (sp/gatra)