Sekelompok Pelajar Diduga Lakukan Memprovokasi Pelajar SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Aksi tawuran antar kelompok pelajar pecah di tepat di depan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, jalan Pramuka, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY, Senin (13/05/2024) sekitar pukul 13.00 WIB siang tadi. Video aksi tersebut sempat viral diberbagai platform media sosial. Bahkan didalam rekaman video yang beredar, salah satu pelajar ada nyemplung di kali untuk menyelamatkan diri dari serangan kelompok pelajar yang lain.

Tindakan kelompok pelajar itu bertujuan untuk memprovokasi pelajar sekolah tersebut untuk melakukan aksi serupa (aksi balasan). “Belum terjadi aksi tawuran. Kalau kami sih belum menyebut tawuran hanya aksi provokasi.” Ujarnya

Berdasar hasil pemeriksaan awal dari sejumlah pelajar yang berhasil diamankan, jika aksi kericuhan tersebut sudah direncanakan oleh kelompok pelajar pelaku provokasi. Melalui pesan berantai aplikasi WhatsApp, pelajar salah satu sekolah setingkat SMA di kota Yogyakarta menyebarkan pesan ajakan untuk melakukan konvoi perayaan kelulusan kelas XII.

Lebih lanjut disampaikan oleh Aditya jika pihaknya saat ini telah berkomunikasi dengan orang tua para pelajar serta pihak sekolah untuk bersama-sama memberikan pengawasan sehingga kejadian kericuan tidak terulang kembali. “Ya tentu saja, kita komunikasi dengan sekolah, orang tua maupun kepala lingkungan setempat,” katanya.

Pihak Kepolisian sepanjutnya akan meningkatkan patroli siber untuk mengantisipasi kericuhan serupa di kemudian harinya tidak terulang kembali. “Kita juga adakan patroli siber maupun secara terbuka untuk mengantisipasi aksi tandingan dari sekolah-sekolah lain,” pungkasnya. (Red)