Kisah Buya Hamka Akan Dibuatkan Film

JAKARTA —  Kesuksesan film ” Sang Pencerah ” yang mengangkat kisah Kh. Ahmad Dahlan menginspirasi sineas dalam negri membuat berbagai film biografi tokoh di Indonesia, kali ini Din Syamsuddin berencana akan memfilmkan kehidupan mantan ketua umum MUI Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih akrab dikenal dengan Buya Hamka. Din Syamsuddin mengatakan bahwa Buya Hamka merupakan sosok multidimensional dan seorang ulama besar. Selain itu, Buya Hamka juga seorang pujangga, budayawan, dan seniman.


“Maka sayang sekali kalau Buya Hamka tidak diangkat dalam sebuah seni film untuk mengambil pelajaran hidup dari Buya Hamka,” ujar Din kepada Republika, Selasa (6/1).


Adapun untuk judul film ini, Din masih belum bisa memastikan. Ia berharap agar produksi film tersebut berjalan baik dan masyarakat yang menonton dapat mengambil pelajaran positif dari sosok Buya Hamka.


Selain itu, cucu Buya Hamka, Yusron Rusydi Hamka, mengaku senang jika kehidupan Buya Hamka difilmkan. Itu artinya, Buya Hamka bukan hanya milik keluarga, melainkan juga milik umat. Ia berharap agar film ini dapat memberi contoh baik, khususnya bagi generasi muda.


Proses produksi film tersebut bekerja sama dengan rumah produksi Star Vision. Menurut Produser Star Vision Chand Parwiz, Star Vision akan berdiskusi dengan Dewan Penasihat MUI untuk pemilihan judul maupun kru film, sesuai dari isi dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani. Film ini rencanaya akan mulai tayang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha pada Oktober mendatang.


Untuk diketahui, beberapa novel karangan Buya Hamka telah difilmkan. Seperti, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Di Bawah Perlindungan Ka’bah.(rol/sp)