Indonesia Emas 2045 Akankah Tercapai?

    Pemerintah Indonesia menargetkan Indonesia Emas pada tahun 2045 terutama para Generasi milenial atau Gen Z tetapi faktanya sampai sekarang masih banyak sekali yang belum dibenahi oleh pemerintah

    Hukum Dipermainkan
    Banyak sekali peristiwa atau kasus yang tumpul keatas dan tajam kebawah, Keresahan akan kondisi hukum dan demokrasi bahkan disuarakan oleh para akademisi, aktivis, mahasiswa, dan juga masyarakat. Jika pemerintah tidak serius membenahi masalah ini maka solusi agar hukum ini tidak dipermainkan adalah Pembentukan Pengadilan Rakyat, Pengadilan Rakyat ini sangat penting mana kala lembaga negara tidak serius mengadili dan menjatuhi sanksi kepada para pelanggar hukum juga pelanggar etika dinegeri ini.

    Investasi Merajalela, SDM Dalam Negeri Tak Mumpuni
    Indonesia Emas 2025 apakah visi atau ilusi? Tentunya hal tersebut harus dibuktikan oleh pemerintah Indonesia salahsatunya dengan meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) agar kemiskinan dan ketimpangan bisa berkurang di republik ini. Dan yang perlu diketahui isu untuk menjadi maju ini sebetulnya untuk siapa? Karena seharusnya itu orang tetapi faktanya kita mereduksi bahwa kemajuan itu hanya pada investasi tetapi dasar dari kemajuan suatu negara atau dasar dalam pertumbuhan ekonomi itu sendiri adalah Sumber daya manusia yang mumpuni terkadang hal tersebut abai dari pemerintah Indonesia.

    Pendidikan Mahal & Tidak Merata
    Banyaknya sekolah baru baik swasta maupun negeri tidak serta merta biaya pendidikan akan lebih terjangkau oleh masyarakat, banyak sekali di republik ini orang-orang yang belum mengenyam pendidikan terutama dipelosok negeri yang jauh dari pusat kota tidak mendapatkan akses pendidikan yang layak. Padahal pendidikan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa baik pendidikan dasar dan tinggi maka suatu negara akan mendapatkan Sumber daya manusia yang mumpuni sehingga dapat bersaing diera globalisasi sekarang ini.
    Dengan belum meratanya akses pendidikan di Indonesia ini masih banyak baik orang dewasa maupun anak-anak yang buta huruf.

    Akses Kesehatan Yang Mahal
    Keterbatasan finansial menjadi alasan utama bagi masyarakat kita tidak mendapatkan akses kesehatan yang baik walaupun pemerintah sudah membuat program terkait akses kesehatan gratis namun nyatanya masih banyak masyarakat kita yang belum mendapatkan manfaat dari program tersebut.
    Bahkan kesehatan di Indonesia sudah menjadi ladang bisnis seperti biaya rawat inap, pengecekan kesehatan dan obat-obatan yang mahal, bahkan banyak kasus pasien yang meninggal karena tidak mendapat pertolongan pertama dikarenakan tidak mempunyai biaya walaupun demikian rumah sakit seharusnya memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu tanpa melihat finansial dari pasiennya. Bukan hanya itu saja di bidang kesehatan ini banyak sekali pasien yang salah di diagnosa oleh dokter mulai dari yang sakit lambung kemudian di diagnosa oleh dokter sakit paru² adapun kesalahan dalam pemberian obat-obatan.
    Bahkan banyak sekali dokter atau praktek pengobatan ilegal yang mengakibatkan pasien meninggal dunia dan ini harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia agar hal serupa tidak terjadi lagi.

    Akses Transportasi
    Banyaknya investasi yang dilakukan pemerintah tidak menjamin masyarakat mendapatkan akses transportasi yang baik. Masih banyak masyarakat kita yang terkendali dalam kegiatan sehari karena akses transportasi yang belum merata, seperti ketika anak-anak dari pelosok negeri yang jauh dari sekolah harus berjalan kaki berkilo-kilo meter untuk sampai di sekolah.

    Bahkan kegiatan ekonomi bisa terhambat dan lumpuh jika tidak mendapatkan akses transportasi yang baik dan layak, seperti para petani yang ingin menjual hasil panennya dan harus menempuh jarak yang sangat jauh dari kediamannya. Bukan hanya itu saja kenyamanan dalam kendaraan transportasi umum harus menjadi perhatian pemerintah karena banyak sekali kejadian yang membuat para penumpang was-was ketika ingin menggunakan transportasi umum, seperti kejahatan pencopetan, pelecehan seksual dan kelayakan transportasi yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

    Masih banyak permasalahan yang harus dibenahi oleh pemerintah jika ingin target atau visi Indonesia Emas tercapai bukan hanya ilusi, Sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang maju baik secara investasi maupun Sumber Daya Manusianya.

    Ditulis oleh : Shiva Sabila Naza
    Mahasiswa Jurusan DIII Perpustakaan
    Universitas Airlangga Surabaya