Gerakan Ekonomi Ummat Muhammadiyah Cabang Sirampog Brebes

Pengajian Akbar, Halal bihalal dan Hari Bermuhammadiyah Cabang Sirampog bertempat di Lapangan sepakbola Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kaliloka, Ahad 5 Mei 2024. Hadir sebagai penceramah yaitu Buya Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Ekonomi, UMKM dan Pemberdayaan Masyarakat.

Hadir juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Brebes, Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Fokrompimcam Sirampog, Pleno PCM, PCA, PCNA dan PCPM Sirampog, Kepala Desa Kaliloka dan Seluruh Pimpinan Ranting dan Warga Muhammadiyah Se kecamatan Sirampog. Sebelum acara inti diadakan pra acara dengan penampilan-penampilan, baik dari siswa-siswi TK maupun MADIN, dan juga ditengah acara ada penampilan dari Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimcab Sirampog. Yang sangat apik dan memukau para pengunjung.

Dalam sambutannya, Ketua PRM Kaliloka Bapak Khanafi, S.Ag. menyampaikan selamat datang di PRM tertua di Cabang Sirampog, akan tetapi sekalipun cabang tertua tapi belum memiliki AUM yang besar, karena saat ini baru membangun Madin dan kedepan akan membangun Gedung TK ABA, namun semangat warga Muhammadiyah di Ranting Kaliloka, sangat luar biasa dengan bukti pengadaan lapangan sepakbola, yang kita tempati saat sekarang ini yaitu bukti swadaya masyarakat dukuh kaliloka, yang bemimpi memiliki lapangan untuk kegiatan yang sifatnya akbar, pak khanafi juga menyampaikan terimakasih dan permohonan ma’af atas nama tuan rumah sebagai penyelenggara.

Sambutan lain disampaikan oleh kepala desa kaliloka Bapak Nanang Khakim, S.H dan Bapak Camat Sirampog yaitu Bapak Slamet Budi Raharjo, S.IP yang termasuk baru bertugas di Kecamatan Sirampoh pertanggal 1 April 2024 dalam sambutan perkenalan beliau menyampaikan bahwa umaro atau pemerintah membutuhkan ulama dalam merealisasikan programnya, sehingga harus ada kerjasama yang baik dan intens, oleh karena itu dimomen yang baik ini sebagai ajang halal bihalal juga, meminta agar momen ini terus berlanjut di tengah-tengah masyarakat di bulan-bulan yang lain, dengan kita senantiasa berma’af-ma’afan, intropkesi diri dan saling merasa bersalah sehingga kita betul-betul akan menjadi pemenang, dengan kita terus berbuat kebaikan di pasca Ramadan.

Hadir juga Bapak M Taif Subandi, S.Pd.I. selaku pleno PDM Brebes, berpesan agar kita menjadi warga Muhammadiyah yang sesungguhnya dengan tunduk dan patuh, menjalankan tata aturan yang sudah diatur oleh organisasi baik melalui AD ART atau Manhaj Muhammadiyah, loyal dengan Muhammadiyah bagian penting yang harus dilakukan, pada kesempatan ini juga beliau menyampaikan permohonan ma’af karena Ketua PDM tidak bisa hadir, mengingat sedang melepas calon jama’ah haji KBIHU Arofah yang akan berangkat di tanggal 17 Mei 2024 nanti, dan meminta warga Muhammadiyah cabang sirampog untuk sama-sama ke lokasi pemberangkatan yang berada di Masjid H. Arman Thoyfuri terletak di jalan lingkar Bumiayu.

Selanjutnya Buya Anawar Abbas menyampaikan pentingnya membangun ekonomi umat dilingkungan Muhammadiyah, Muhammadiyah cabang Sirampog harus berani mecetak kader yang bermental pengusaha, bukan bermental pegawai, karena Muhammadiyah kedepan harus terjun ke dunia ekonomi dan bisnis, sehingga AUM yang ada nantinya bukan sekedar nirlaba akan tetapi menghasilkan profit, dan itu Muhammadiyah akan semakin kaya.

Misalkan pada kesempatan pengajian kali ini ada launching produk dari MEK PCM Sirampog yaitu produk cuci piring, sabun dan pel yang diberi nama ok clean, jika ini dikembangkan dan didukung oleh seluruh warga Muhammadiyah maka keuntungan untuk Muhammadiyah akan semakin besar. Buya Anwar Abbas optimis Muhammadiyah akan semakian kaya dan berkembang khusunya di Cabang sirampog, tuturnya. Yang lebih menarik dan bagian dari motivasi pada pengajian kali ini yaitu diadakan ikrar wakaf untuk pembangunan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Sirampog, yang rencananya akan menelan dana kurang lebih 500juta, dan alhamdulillah terkumpul dana pada pengajian hari ini sebesar 38 juta dan 100 sak semen, dan semoga ini akan semakin bertambah. Aamiin. (Azmi/Red)