Partisipasi Muhammadiyah Way Kanan di Literasi Bentuk Taman Baca Bumea

Gedung Dakwah  Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Way Kanan menjadi saksi, Senin (08/04/2024) diresmikannya Taman Baca Masyarakat (TBM) Bumea sebagai bagian ikhtiar gerakan wahana pustaka dan informasi untuk masyarakat dengan berbentuk pusat kegiatan belajar masyarakat. Dalam sambutannya, Munawar mengatakan bahwa TBM Bumea adalah salah satu program yang sedang coba dibangun oleh Muhammadiyah Way Kanan dalam bidang pendidikan nonformal. “Seperti katak dalam tempurung dan suka asik sendiri, kami tidak menghendaki demikian. Sehingga kami berupaya ikut berpartisipasi dan bergabung dalam kelompok masyarakat yang konsen dalam hal gerakan literasi dan pendidikan kemasyarakatan. TBM sendiri merupakan salah satu dari beberapa program lainnya yang sedang digagas PKBM Bumea seperti pendidikan kesetaraan paket A, B dan C. Serta ada juga kursus dan bimbel yang memang sudah dilakukan dalam setahun terakhir ini” pungkas Munawar.

Harapannya, lanjut Munawar, gedung dakwah Muhammadiyah Way Kanan menjadi rumah perjuangan bagi siapapun yang sedang berupaya memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, wabil khusus dalam hal gerakan pendidikan dan literasi. Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Way Kanan, Ahmad Khoirudin mengatakan bahwa secara umum, adanya keberadaan TBM dan komunitas-komunitas baca ini sangat membantu masyarakat untuk memperoleh informasi dan edukasi melalui bahan bacaan. “Kabupaten Way Kanan ini sudah diakui sebagai kabupaten yang kuat sekali gerakan literasi di masyarakat. Keberadaan TBM dan komunitas baca lainnya ini adalah salah satunya penyebabnya. Kami dari Dinas Perpustakaan akan siap membantu melakukan pendampingan melalui program yang bisa disinergikan. Selamat atas launching TBM Bumea ini, semoga berdampak dan bermanfaat” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para penggerak literasi dari komunitas baca dan TBM yang kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama serta pemberian bingkisan dan santunan bekerjasama dengan Baznas Way Kanan. (Red)