Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan Dirikan Posko Mudik

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan melalui Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pekalongan, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) mendirikan Posko Mudik bertajuk Mudikmu Aman Tahun 2024. Posko yang terletak di jalur pantura, tepatnya di SD Muhammadiyah Pencongan, jl. Ahmad Yani, Wiradesa, tersebut, resmi dibuka oleh Ketua PDM Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Mulyono, pada Jumat, 5 April 2024, dan akan beroperasi hingga tanggal 9 April 2024.

Kyai Mulyono, dalam sambutannya, menyampaikan apresisi atas sinergi Lazismu dengan Kokam dalam melaksanaan Posko Mudikmu PDM Kabupaten Pekalongan. Kyai Mul juga berpesan kepada para pelayan di posko mudik Muhammadiyah tersebut untuk menjaga kesehatan, karena kokam sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, Agung Dwi Hanggoro, menjelaskan bahwa tujuan dibangunnya Posko Mudikmu Aman adalah untuk memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik tahun 2024. “Posko ini dirancang sebagai tempat singgah dan istirahat bagi para pemudik, dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Beberapa fasilitas yang disediakan di Posko MudikMu Aman 2024 antara lain parkir yang luas, tempat istirahat, layanan coffe break, mushola, toilet, P3K, charging handphone, dan informasi jalur mudik“, ungkap Agung.

Agung juga berharap dengan adanya posko mudik tersebut, diharapkan para pemudik dapat merasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan mudik mereka. “Posko Mudikmu Aman Tahun 2024 merupakan wujud nyata dari kepedulian Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan mudik tahun 2024. Semoga keberadaan posko ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pemudik yang melintas di jalur Pantura“, imbuh Agung.

Di tempat lain, Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PDM Kabupaten Pekalongan membagikan 250 paket takjil di depan Posko Gabungan LRB Kota dan Kabupaten Pekalongan, di halaman Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Pekalongan. Ketua LRB PDM Kabupaten Pekalongan, M. Rofiansa Sulthon, menyampaikan bahwa informasi dari Polresta Pekalongan, arus mudik akan dimulai sejak Jum’at, 5 April 2024 malam. Oleh karena itu dirinya bersama tim LRB PDM Kota Pekalongan mendirikan posko mudik di pelataran kampus FEB Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Alhamdulillah, LRB Kab dan Kota Pekalongan beserta Lembaga Lingkungan Hidup Aisyiyah (LLHPBA) melakukan pembagian 250 takjil untuk berbuka puasa di depan Posko Mudik Muhammadiyah Pekalongan, Jum’at 5 April 2024 dalam rangka soft launching Posko MudikMu 2024. (Fakhrudin/Red)