Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Kesiapan Jalur Wisata Bogor Sembari Berbagi Bingkisan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau kesiapan jalur wisata salah satunya di Puncak, Bogor, yang diperkirakan akan kembali dipadati masyarakat juga wisatawan pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga memberikan bingkisan kepada sejumlah petugas yang berjaga di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 Polres Bogor di Pos Polisi Gadog. Menparekraf Sandiaga juga memberikan bingkisan kepada sejumlah pemudik yang melintas. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Bogor Kompol Adhimas Sriyono Putra; serta Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf, S. Utari Widyastuti.

Menparekraf memulai peninjauan dari Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 Polres Bogor di Pos Polisi Gadog, Senin (8/4/2024). Menparekraf meninjau langsung sistem pemantauan lalu lintas yang ditempatkan di Pos Terpadu ini. Di sini juga berdiri pos-pos mudik yang dihadirkan sejumlah instansi terkait. “Kami melihat kesiapan dari jalur mudik yang juga bersinergi dengan jalur wisata. Jadi jalur Puncak ini selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan tapi juga menjadi pilihan bagi para pemudik terutama yang kendaraan roda dua. Dan kami mengapresiasi kerja sama yang luar biasa antara Pak Pj Bupati (Kabupaten Bogor) dengan instansi terkait,” kata Menparekraf Sandiaga.

Jumlah masyarakat yang akan melintasi jalur Puncak pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 140 ribu sampai 160 ribu. Jumlah ini empat kali lipat dari daya tampung kapasitas jalan. “Ini berarti harus ada beberapa rekayasa maupun kesiapan destinasi, lalu jalur-jalur alternatif juga sudah harus disiapkan,” kata Sandiaga.

Karenanya Menparekraf Sandiaga mengapresiasi kolaborasi dari semua pihak dalam menghadirkan dan mendukung momen mudik dan libur lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman. “Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri, Basarnas, dinas kesehatan, dan semua yang sudah terlibat di bawah koordinasi Pak Pj (Bupati Bogor). Mudah-mudahan liburan kali ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak ekonomi untuk masyarakatnya semakin luas,” ujar Sandiaga.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengatakan pihaknya bersama seluruh instansi terkait siap menyambut kehadiran masyarakat selama musim mudik dan libur lebaran tahun ini. (fa/red)