Kantin Sehat Sekolah Muhammadiyah Jadi Inspirasi Delegasi Rikolto Peru

Kepala Sekolah Penggerak SD Muhammadiyah 1 Solo Sri Sayekti, menyambut baik kunjungan studi Rikolto. “Pembelajaran yang diperoleh dari Indonesia akan dipergunakan untuk pengembangan program kantin sehat di Amerika Latin. Hari ini kami menerima Rikolto Amerika Latin yang diwakilkan oleh koordinator program Kota Cerdas Pangan Peru,” jelas Sri Sayekti, Jumat (19/4/2024).

Latar belakang Kantin Sehat Ramah Anak tersebut adalah kekhawatiran terhadap kondisi derajat kesehatan anak didik yang semakin menurun akibat dari tidak dilaksanakannya prilaku hidup bersih dan sehat baik di sekolah maupun di rumah. Anak lebih menyukai makan-makan cepat saji, makanan yang mengandung zat kimia berbahaya. Kebiasaan mengkonsumsi pangan bahan yang tidak bervariasi, sehingga kecukupan gizi tidak tercapai. Banyaknya pedagang di sekitar sekolah saat jam pulang siswa. “Kantin SD Muh1 Solo pernah mendapatkan penghargaan kategori sentra pangan jajanan terbaik kedua atas prestasinya dalam menerapkan protokol Kesehatan dan pengendalian Covid-19 serta inovasi pada hari kesehatan nasional ke-57 tahun 2021 dan penghargaan terbaik pertama nasional untuk kategori sentra pangan jajanan/kantin, bersamaan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” bebernya.

Lebih lanjut, Dia menjelaskan makanan atau jajanan harus dlm keadaan terbungkus (tertutup). Makanan dalam kemasan harus dalam keadaan baik dan tidak kedaluwarsa, tempat penyimpanan makanan harus selalu terpelihara dan selalu dalam keadaan bersih terlindung dari debu terhindar dari bahan kimia dan binatang pengganggu. Tempat pengolahan atau dapur atau tempat penyiapan makanan harus memenuhi persyaratan. “Peralatan dicuci dengan air bersih mengalir. Peralatan yang bersih harus disimpan di tempat yang bebas pencemaran. Peralatan harus sesuai dengan peruntukannya,” sarannya.

Hadir dalam acara kunjungan ini Manager program Good Food for Cities Rikolto Peru Vanesa Ramos dan Tim Rikolto Indonesia Ratna, Ratih, dan Neta, ikut membersamai tim sukses program Kota Cerdas pangan Gita Pertiwi Nisa dan Ari. Manager program Good Food for Cities Rikolto Peru Vanesa Ramos mencari inspirasi tentang kantin sehat, karena baru mau mengembangkan di Peru. “Tadi Vanesa kagum dengan model bisnis yang sudah dikembangkan di SD Muhammadiyah 1 Solo, komitmen dan tanggung jawab kepala sekolah, guru, pengelola dalam menyediakan pangan yang sehat di sekolah,” ujar Vanesa. (Jatmiko/Red)