Hadirkan Noe Letto, PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Banyumas Selenggarakan Diskusi Sambung Rasa

Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banyumas menggelar diskusi sambung rasa orang biasa dengan menghadirkan Sabrang Mowo DP, sang Musisi dan Intelektual Muda pada hari Minggu (28/4/2024) di Warunge Dewek, Rempoah, Kecamatan Baturraden.Diskusi Sambung Rasa yang di gelar oleh PC IMM Banyumas mengusung tema Tuhan bersama orang biasa.D

iangkatnya tema tersebut bertujuan mengajak Masyarakat Banyumas untuk lebih bersyukur dan lebih reflektif dalam menjalani dinamika kehidupan. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen Masyarakat, seperti organisasi kepemudaan Cipayung Plus, Masyarakat Umum, Para Pengusaha, dan Buruh asli Banyumas, bahkan beberapa peserta yang hadir dalam acara tersebut berasal dari luar Banyumas. Terselenggaranya acara tersebut tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti Warunge Dewek, Forum Belajar Hompimpa, Rayya Creativa, Mekanira dan pihak Satelit TV.

Musyafa Syamil Arroyan, Sekretaris Umum PC IMM Banyumas dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam upaya merekatkan dan membuka ruang diskusi kepada setiap elemen yang ada di Banyumas. Dalam sambutanya juga disebutkan bahwa kegiatan semacam ini akan menjadi agenda yang berkelanjutan. “Diskusi Sambung Rasa yang diadakan oleh PC IMM Banyumas bersama Komunitas Sambung Rasa Orang Biasa bertujuan untuk membuka ruang diskusi yang lebih bebas dan inklusif. Selain itu, diskusi Sambung Rasa ini juga diharapkan bisa menjadi forum perekat bagi setiap elemen Masyarakat, mulai dari organisasi kepemudaan, para pengusaha dan elemen-elemen lainya. Besar harapan setiap pihak dapat bahu-membahu dalam berbagai hal agar dapat lebih memberi warna bagi kabupaten Banyumas. Insha Allah, agenda ini akan ada part-part selanjutnya.”

Selain membahas tema, diskusi sambung rasa juga terbuka dalam membicarakan beberapa topik lainya. Hal tersebut dikarenakan pembicara, Mas Sabrang merupakan seorang intelektual muda yang menguasa berbagai disiplin keilmuan. Keleluasaan diskusi pada forum diawali dari pengantar yang disampaikan oleh Afit Susanto selaku moderator dalam acara tersebut. “Mas Sabrang juga sangat terbuka dalam mendiskusikan berbagai aspek pembahasan, tentu karena beliau seorang intelektual muda yang menguasai banyak hal. Jadi silahkan peserta bisa berpartisipasi dalam pembahasan topik-topik apapun yang sekiranya menarik.” Beberapa topik yang sempat dibahas dalam acara tersebut adalah soal ibadah, Artificial Intellegence, Dinamika kenegaraan, ketuhanan, stoikisme dan mental health.

Guntoro selaku peserta diskusi yang berasal dari Cilacap berharap agenda-agenda semacam bisa lebih dimasifkan kedepan. Menurutnya, banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dalam forum-forum diskusi semacam ini. Adapun Ahmad Fikri Andriyanto, peserta yang merupakan ketua HMI Cabang Purwokerto menyampaikan apresiasinya kepada PC IMM Banyumas yang berinisatif mengadakan forum inklusif dan menyatukan, khususnya organ pergerakan di Banyumas dengan menghadirkan tokoh nasional. Beliau juga berharap diskusi semacam ini agar lebih dimasifkan sebagai instrumen perekat seluruh elemen di kabupaten Banyumas.

Setelah berdiskusi banyak hal, forum di siang itu ditutup dengan lagu Ruang Rindu yang dinyanyikan langsung oleh penyanyinya, mas Sabrang atau Noe Letto. Tentu menjadi sebuah momen yang langka bagi Masyarakat Banyumas untuk bisa mendengarkan dan bernyanyi bersama-sama secara langsung dengan vokalis Letto di dalam forum. Meskipun forum ini diadakan dengan kuota yang dibatasi, warga Banyumas dan sekitarnya yang belum bisa hadir secara offline tetap bisa menyaksikan keseruan yang ada di dalam forum melalui siaran yang dilangsungkan oleh pihak Satelit TV melalui YouTube. (Syamil/Red)