Universitas Muhammadiyah Karanganyar dan Pemkab Sumbawa MoU Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan

Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat bersama Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka Solo) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar, Kamis (07/03). Kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rektor Umuka Solo, Muh Samsuri, menyampaikan bahwa sebelummya Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka Solo) melaksanakan sosialisasi terkait penerimaan mahasiswa baru di beberapa SMA dan SMK di Kabupaten Sumbawa. “Kerjasama Umuka Solo dengan Pemda Sumbawa ini luar biasa. Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga Sumbawa untuk menempuh pendidikan di sini,“ jelasnya, Kamis (07/03).

Selama dua tahun berdiri, Umuka Solo sudah banyak yang memerima mahasiswa asal Sumbawa. Semua berawal dari dua mahasiswa yang kemudian meningkat jadi 12 mahasiswa.

Ditambahkan Samsuri bahwa untuk pengembangan kampus pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi pihaknya harus banyak bekerjasama untuk menggandeng berbagai pihak termasuk Pemda Sumbawa. “Baik itu nanti di bidang pendidikan, penelitian pengabdian kepada  masyarakat termasuk Al Islam Kemuhammadiyahan,“ lanjut Samsuri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Sumbawa, Ir. Dirmawan menyampaikan, ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya dari Umuka Solo datang ke Sumbawa untuk penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Bupati Sumbawa dengan Rektor Universitas Muhammadiyah pada tanggal 4 Maret 2024 lalu. “Ada beberapa point penting dalam pertemuan ini bahwa Umuka Solo mempermudah warga Sumbawa bisa melanjutkan pendidikannya di sini,“ ucap Sekda. Terkait pembiayaan selama kuliah, Umuka Solo juga Pemda Sumbawa juga memberikan beasiswa untuk mahasiswanya yang berkuliah di kampus ini.

Ketua Komunitas Ikatan keluarga Sumbawa di Yogya dan Jawa Tengah, Zainal Abidin mengapresiasi ikatan Sumbawa dengan UMUKA Solo. Ikatan ini bisa menjadi support motivasi  untuk sama-sama bisa saling berikan dorongan dan semangat kedepannya. “Kerja sama perdana ini antara Umuka Solo dan Pemda Sumbawa sebagai pemantik awal. Mudah-mudahan ke depan ada kerjasama dengan pihak lain lagi di Jawa Tengah dalam banyak hal,“ imbuhnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Muhammad Arief Babher, mengapresiasi dan mendorong kerjasama antara Umuka Solo dengan Pemda Sumbawa sehingga membawa kemaslahatan kepada kedua belah pihak. (RM/red)