Kaosmu Sebagai Syiar Dakwah Muhammadiyah

Di era digital dan informasi serba cepat ini membuat peran dakwah semakin bergeser, sehingga membuat para aktivis dakwah dan penggerak dakwah harus memiliki banyak strategi. Selain dakwah bil lisan dan bil qolam maupun lainnya, strategi dakwah melalui Internet aplikasi sosial media juga bisa dilakukan dakwah dengan cara mudah yang dapat melampaui semua kalangan.

Dakwah dengan model kekinian yakni dakwah dengan kaos bertema islam khsusnya tentang Muhammadiyah sebagai organisasi islam yang berkemajuan. Tugas dakwah tidak mesti harus dilakukan oleh para ulama baik Kiyai, Ustadz, Habib, Gus, Buya, Tuan Guru dan lainnya. Akan tetapi kewajiban setiap muslim yang berusaha untuk mendapatkan ganjaran kebaikan oleh Allah Swt tentunya.

Strategi dakwah melalui tulisan pin kini jenisnya semakin banyak, seperti buku, novel, buletin, majalah, surat kabar, poster, flayer, baliho, billboard, videotron, baju, kemeja, sarung termasuk dalam hal ini adalah KaosMu. Dakwah dengan KaosMu termasuk juga dakwah bil hal, bil hikmah dan bil qolam karena menampilkan pesan agama islam dan juga pesan persyarikatan melalui kaos dengan desain yang beragam. Bahkan dakwah dengan kaos saja melahirkan banyak para pengusaha bisnis muslim dari level homo industri, ukm, umkm termasuk yang masih usaha kecil.

Hal ini karena kaos adalah pakaian yang sering digunakan dan nyaman baik oleh pria maupun wanita dengan model yang berbeda diantara keduanya. Pesan dakwah melalui desain kaos dapat dibaca oleh masyarakat yang melihatnya dan juga sebagai bentuk pesan dakwah kebaikan tanpa harus bicara dengan kata-kata.

KaosMu sebagai syiar dakwah yang berkemajuan ini sangat menggerakkan, mencerahkan dan menggembirakan yang dapat di oleh remaja, pemuda, dewasa, lansia, pimpinan persyarikatan, ortom, warga Muhammadiyah, simpatisan Muhammadiyah bahkan masyarakat umum lainnya jika tertarik dengan desain serta bahan KaosMu. Syiar dakwah Muhammadiyah pun kini telah beragam di era kontemporer seperti dakwah podcast, kajian online zoom, dakwah sosmed, juga dakwah kaos seperti KaosMu. Dnegan menggunakan KaosMu pesan dakwah islam dan dakwah Muhammadiyah jauh lebih ringan, sederhana dan juga fleksibel untuk dapat menjangkau lebih luas sebagai eksistensi dakwah masa kini. Desain KaosMu Muhammadiyah sangat variati dan produksi terbatas yang hanya bisa dipesan secara langsung kepada pihak KaosMu.

Kehadiran KaosMu sebagai produk pakaian yang bertujuan untuk syair dakwah Muhammadiyah yang berkemajuan dengan mengimbangi model dakwah kaos lainnya ssbagai bentuk Fastqbiul khoirot. Berdakwah melalui pakaian jauh lebih simple dan lebih leluasa, apalagi bagi yang tidak memiliki kemampuan dalam berceramah, beretorika, berpidato dana sebagainya. Cukup dengan menggunakan KaosMu saja sudah bisa melakukan syiar dakwah Muhammadiyah yang mencerahkan uamt dan semesta. Hal ini bukan berarti menggunakan KaosMu menjadi lebih soleh, suci, sufi, akan tetapi sebagai bentuk wujudkan teologi Wal Asri antar sesama demi menuju surga.

KaosMu sebagai syiar dakwah Muhammadiyah ini juag bagain dari misi Muhammadiyah dalam memperkenalkan sang surya kepada masyarakat. Sebab, sebagai kader Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah, tentu akan berusaha menjadi sang Pencerah meneruskan sosok mulia Kiyai Ahmad Dahlan yang telah mendirikan Muhammadiyah. KaosMu juga bagian syiar dakwah Muhammadiyah yang memberikan ruang bagi warga Muhammadiyah yang dianggap lemah, tidak pandai, dan faqir berceramah. Sehingga dengan KaosMu juga bisa menjadi agen sang Pencerah kepada umat manusia di sekitar lingkungan nya. Sebagai warga Muhammadiyah sejati, mari terus melakukan syiar dakwah Muhammadiyah dengan cara apapun, terutama menggunakan KaosMu sebagai syiar dakwah Muhammadiyah yang berkemajuan dan kekinian. Muhammadiyah mencerahkan semesta dan menolong seluruh umat manusia tentunya.

Oleh : As’ad Bukhari, S.Sos., MA
(Kader Kokam Diklatsar Sleman DIY)