Gunungkidul Masa Depan Jogjakarta, Keberlanjutan Pembangunan yang Inklusif Penopang Kemajuan

    Melihat Gunungkidul di masa lampau, mengamati di masa sekrang dan meneropongnya di masa yang akan datang adalah bagian penting dari langkah awal memahami dengan baik tentang kota gaplek yang kaya akan SDA dan SDM di dalamnya. Masa depan Jogjakarta adalah masa depan kita semua, Gunungkidul adalah salah satu kabupaten terluas serta memiliki potensi pariwisata, pertanian, berkebunan, peternakan, perekonomian, infrastruktur yang kuat, serta letak geografis yang sangat strategis. Tidak hanya itu kekayaan budaya dan nilai nilai budaya yang dimiliki menjadikan komponan masyarakatnya terlihat guyup rukun dan sentosa.

    Tidak mengherankan rasanya jika masa depan Jogjakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) adalah Gunungkidul. Pariwisata akan menjadi salah satu penopang masa depan jogjakarta, dengan berbagai macam jenis wisata alam dan berkembangnya wisata wisata lainnya, tidak menutup kemungkinan Gunungkidul akan menjadi magnet kunjungan wisata dunia. Pembangunan infrastruktur yang memadahi dan fasilitas penunjang harus terus di kerjakan secara serius agar dampak yang dihasilkan mempunya daya dorong perkembangan di sektor lain, misalnya perekonomian, tata ruang,pelayanan, pendidikan dan lain sebagainya.

    Berkembangnya prestasi sekolah-sekolah dan pesantren serta banyaknya rencana kampus-kampus akan membuka kelas dan berbagai jurusan di Gunungkidul adalah sebuah keyakinan saya bahwa Gunungkidul adalah masa depan Jogjakarta, peningkatan mutu SDM menjadi hal penting dalam sebuah tujuan terselenggaranya pemerintahan, Gunungkidul harus menjadi kota yang ramah terhadap pengajar dan pelajar, ustad dan santri, dosen dan mahasiswa yang ada. Gerakan Gunungkidul mengajar dan belajar harus di upayakan dalam program-program strategis pemerintah daerah lewat dinas pendidikan dan dinas dinas terkait lainnya.

    Layanan kesehatan yang prima juga menjadi salah satu indikator masa depan yang gemilang Jogjakarta, Gunungkidul dengan rumah sakit dan puskesmas disetiap kapanewon harus mampu memberikan layanan kesehatan terbaik, komunikasi yang baik dengan rumah sakit swasta serta klinik yang ada harus terus ditingkatkan, sebab sejatinya semuanya bertujuan melayani masyarakat Gunungkidul, jika indeks kesehatan masyarakat, pelayanan kesehatan baik, tidak menutup kemungkinan
    Gunungkidul akan jadi masa depan Jogjakarta sebab tingkat kesehatan warganya juga baik.

    Semua ruang garap akan menjadi baik, jika pemerintah dan masyarakat saling suport. Pendekatan inklusif yang dilakukan pemerintah daerah tentu akan efektif jika seluruh jajaran kepemimpinan dekat dengan warga dan tidak terlalu eksklusif. Penentu masa depan Gunungkidul adalah keterlibatan aktif kita semua, mari kita lanjutkan pembangunan untuk Gunungkidul yang lebih baik.

    Ditulis oleh:
    Muh Arif Darmawan (Mas Arda)
    Pemuda Harapan Baru Gunungkidul (Ketua PWPM DIY)