Fenomena Equinox, Daerah Istimewa Yogyakarta Berpotensi Panas Hingga Sepuluh Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi cuaca panas di tengah musim penghujan seperti sekarang. Penyebabnya yakni lantaran wilayah Yogyakarta kini tengah menghadapi fenomena alam equinox.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas mengatakan, equinox merupakan fenomena di mana matahari melintas tepat diatas ekuator atau garis khatulistiwa. Kondisi tersebut dapat berdampak pada teriknya sinar matahari yang langsung menyinari bumi.

Reni mengungkap, dengan kondisi tersebut juga dapat membuat sebagian wilayah Yogyakarta mengalami cuaca panas hingga beberapa hari ke depan. Terlebih jika kondisi cuaca saat fenomena tersebut terjadi sedang cerah atau tidak terjadi hujan.

Adapun dari pantauan BMKG, suhu di Yogyakarta mencapai rata-rata 30 derajat celcius. Untuk suhu terendahnya pada kisaran 22 derajat celcius. Sementara untuk suhu tertinggi mencapai 33 derajat celcius. “Hari ini dan sepuluh hari kedepan masih berpotensi suhu panas atau terik, terlebih jika dibarengi dengan cuaca yang cerah untuk wilayah DIY,” ujar Reni. (Red)