Sebelum Pilih Presiden 14 Februari 2024, Simak 7 Kriteria Kepemimpinan ala Muhammadiyah

Waktu pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 tinggal 9 hari lagi. Ini ditandai dengan debat pamungkas yang sudah selesai diadakan oleh KPU RI, Ahad (04/02/2024). Lalu bagaimana sikap Warga Muhammadiyah dalam memilih calon pemimpin Indonesia?

Persyarikatan Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah pernah merumuskan tujuan kriteria pemimpin nasional, kita sebagai warga Muhammadiyah tinggal menyesuaikan dan memilih pemimpin sesuai tujuh kriteria ini. Apa saja tujuh kriteria untuk memilih pemimpin nasional versi Muhammadiyah ini?

Menurut Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agung Danarto menyebutkan sesuai Munas Tarjih 2003 terdapat tujuh kriteria pemimpin yang perlu dipilih Warga Persyarikatan. Adapun tujuh kriteria pemimpin nasional hasil Sidang Tanwir itu. Diantaranya:

1. Berjiwa religius, taat beribadah dan berintegritas tinggi serta sejalan antara kata dan perilaku
2. Memiliki visi dan karakter kuat sebagai negarawan, yang mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara ketimbang diri sendiri, partai Politik dan kroni.
3. Berani mengambil keputusan srategis dalam memecahkan masalah krusial bangsa, dengan tetap menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, tegas dalam melakukan pemberantasan korupsi, penegakkan hukum serta penyelamatan asset dan kekayaan negara.
5. Menjaga kewibawaan dan kedaulatan nasional dari berbagai ancaman di dalam dan di luar negeri.
6. Memiliki Strategi perubahan yang membawa pada kemajuan bangsa
7. Berkomitmen terhadap aspirasi Politik ummat Islam dan mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.

Nah demikian 7 Kriteria Kepemimpinan Nasional yang sudah dirumuskan oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Lalu sudah siapkah kita menuju bilik suara Rabu (14/02/2024) yang akan datang?