Mahasiswa Muhammadiyah Malang Rayakan Hari Gizi Nasional 2024 Tanamkan Edukasi di TK Kasih Ibu Mojorejo

Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya digunakan untuk memperingati dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi dalam kehidupan sehari-hari. Hari Gizi Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga panggilan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan gizi seimbang sebagai gaya hidup. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang aspek kesehatan ini, diharapkan dapat tercipta generasi yang lebih sehat dan tangguh di masa depan.

Taman Kanak-Kanak (TK) “Kasih Ibu” desa mojorejo yang Berlokasi di kecamatan junrejo kota batu untuk pertama kalinya menggelar perayaan Hari Gizi Nasional di sekolah sebagai bagian dari upaya untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan tentang pentingnya gizi yang seimbang dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pada Hari gizi Nasional tahun 2024 ini ada yang spesial dan baru di TK Kasih Ibu yang dimana setiap hari gizi nasional biasanya anak-anak tidak merayakan di sekolah pada perayaan hari gizi tahun 2024 ini bersama Mahasiswa PMM UMM kelompok 59 gelombang 4 sukses merayakan hari gizi nasional dengan melibatkan guru, murid, dan tentunya orang tua siswa.

TK yang memiliki murid sejumlah 44 anak itu terbagi dalam kelompok A dan B dan dalam rangka pemerataan penanaman edukasi sejak dini spesial Hari gizi nasional Kelompok atau Kelas A dan B di satukan dalam ruangan yang sama.
Di awali dengan senam baru spesial hari gizi anak-anak menyambut dan bersenam dengan riang gembira dan berlanjut masuk ke ruangan aula kelas untuk penyampaian materi dengan menonton video spesial hari ibu yang di bungkus dengan materi tentang hidup sehat seimbang dan memperkenalkan hari gizi nasional. Sebelum pulang sekolah para wali murid, guru, dan Mahasiswa PMM UMM menyantap makanan sehat yang di siapkan oleh wali murid,guru dan mahasiswa PMM UMM dengan menu Jus jambu dan nasi sayur sop dan buah semangka.

Muslikhati selaku Dosen pembimbing lapangan Mahasiswa PMM UMM kelompok 59 pada gelombang 4 ini menyampaikan. “Selamat Hari Gizi nasional ke 64,pemenuhan gizi secara seimbang membantu meningkatkankualitas SDM di masa depan”. Dwi sebagai ketua koordinator kelompok PMM ini juga menambahkan “kami sangat berterima kasih banyak kepada banyak pihak yang terlibat dalam acara spesial Hari gizi nasional yang 64 ini tanpa bantuan orang tua siswa dan guru acara ini tak akan berjalan dengan sukses” ungkapnya.

Dwi Juga berharap “Semoga acara tahunan peringatan Hari gizi nasional ini tidak berhenti sampai di sini, semoga di hari gizi tahun 2025 lebih meriah dan sukses lagi”tambahnya.
Kepala sekolah TK “kasih Ibu” desa Mojorejo yakni Sulikah juga menyampaikan terima kasih kepada Mahasiswa PMM UMM kelompok 59 gelombang 4 dan orang tua siswa yang telah memilih merayakan hari gizi nasional di TK kasih ibu II.

Sulikah berharap dengan adanya perayaan kegiatan hari gizi nasional ini dapat berdampak pada perubahan yang positif. “semoga bisa bermanfaat bagi pengetahuan anak-anak dan dengan adanya makan sehat bersama kemarin(Hari gizi,red) anak-anak yang kurang suka makan-makanan yang bergizi bisa berubah untuk menyukai makan-makanan yang sehat dan bergizi” Sulikah juga menyampaikan pesan pentingnya edukasi sejak dini kepada anak-anak. “Kita berharap bisa menamkan edukasi sejak dini dengan pengenalan hari gizi Nasional dan makan makanan apa saja yang kita sajikan kemarin yang sehat dan bergizi untuk menunjang gizi anak-anak,” pesannya.

Dengan adanya perayaan Hari Gizi Nasional yang spesial ini, TK “Kasih Ibu” terus mendukung pendidikan gizi sebagai bagian integral dari pengembangan anak-anak mereka. Semoga kegiatan perayaan hari gizi nasional dan penanaman edukasi sejak dini seperti ini dapat menginspirasi dan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya untuk turut memperkuat kesadaran gizi di kalangan anak-anak. (Red)