Warga Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta Haruskah memilih Ir. Ahmad Syauqi Soeratno?

Surat Al Ma’un memiliki arti yang sangat penting bagi Muhammadiyah, sebagai landasan dasar dan spirit gerak dakwah Muhammadiyah. Teologi Al Ma’un selanjutnya diterjemahkan menjadi 3 pilar penting dalam gerak dakwah Muhammadiyah yakni pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial.Sehingga Muhammadiyah tumbuh menjadi organisasi sosial keagamaan yang dikenal banyak memiliki :

Sehingga Muhammadiyah tumbuh menjadi organisasi sosial keagamaan yang dikenal banyak memiliki :

  1. Bidang Pendidikan : sekolahan, universitas
  2. Bidang Kesehatan : klinik, rumah sakit
  3. Bidang Sosial : panti sosial
    Selain tiga hal diatas Muhammadiyah juga berperan dalam 2 bidang lainnya yakni
  4. Bidang Ekonomi : Amal Usaha Ekonomi
  5. Kebangsaan : pahlawan, tokoh bangsa, salah satu peran kebangsaan melalui keterwakilan kader Muhammadiyah di Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Afnan Hadi Kusumo merupakan salah satu anggota DPD perwakilan DIY dari kader Muhammadiyah selama 3 periode dan peran beliau saat ini diharapkan dapat diteruskan oleh kader yang diutus resmi oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY yakni Ir. Ahmad Syauqi Soeratno.

Sebagai seorang individu pasti beliau memiliki kelebihan/kekurangan. Tetapi kita harus memandang dari sisi marwah muhammadiyah yakni sesuai hasil musyawarah pimpinan khusus Muhammadiyah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang menetapkan Ir Ahmad Syauqi Soeratno. Proses penetapan pak SQ sebagai utusan resmi pastilah sudah melalui berbagai tahapan dan pertimbangan, sehingga dipilih sebagai satu satunya utusan resmi dari beberapa kader terbaik lainnya.

Dan yang perlu diingat, bahwa beliau tidak mencalonkan diri, tetapi dipilih dan diutus resmi atas nama persyarikatan. Maka sewajarlah Warga muhammadiyah memilih pak Syauqi Soeratno sebagai bentuk komitmen organisasi.

Walaupun 3 periode Warga Muhammadiyah dapar mengantarkan Pak Afnan sebagai DPD tetapi sekarang persaingan berbeda, target suaranya lebih banyak. Contoh di Kapanewon Gamping dengan 6000’an suara pada periode lalu bisa memenuhi target suara, tetapi saat ini target suara minimal dapat 10.282 suara. Tanpa adanya gerakan tidak mungkin suara bisa langsung terkumpul , ajak paling tidak keluarga, tetangga, lingkungan terdekat. Memang harus ada perjuangan untuk mencapai target suara.

Dari uraian diatas sepatutnya warga Muhammadiyah memilih Ir. Ahmad Syauqi Soeratno (Calon DPD RI No Urut 01) dan mengajak berbagai elemen untuk turut memberikan suara.

Disampaikan oleh :
Ustad Umar Said Prowoto (PCM Gamping)
pada 23 Januari 2024
Re-edit oleh Mega (PCNA Gamping)