Presiden Jokowi di Gunungkidul Resmikan Ruas Jalan Wisata ke Pantai Selatan

Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek pembangunan proyek Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah ruas Jalan Baron di Kalurahan Karangrejek, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada Selasa (30/1/2024) siang. Dalam pidatonya Jokowi menjelaskan bahwa jika mengacu pada Inpres No. 3 Tahun 2023 proyek Inpres Jalan Daerah ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan konetivitas jalan daerah.

Lebih lanjut Jokowi menuturkan melalui Inpres ini penanganan jalan-jalan non nasional yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki. “Kita tidak hanya membangun infrastruktur jalan tol dan memperbaiki jalan-jalan nasional tetapi juga mempercepat konektivitas jalan daerah melalui Inpres,“ ujar Jokowi. Lebih rinci ia menjelaskan, dengan menelan anggaran hingga Rp 162 miliar melalui Inpres Daerah sebanyak 7 ruas jalan dan 1 jembatan di DIY infrastruktur tersebut telah sah diresmikan oleh Presiden RI.

Untuk ruas jalan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo adalah ruas jalan Baron yang merupakan menuju ke berbagai tempat wisata Pantai Selatan di Kabupaten Gunungkidul, yakni diantaranya Pantai Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti dan lain sebagainya.

Adapun 7 ruas tersebut tersebar di Kabupaten Kulon Progo 1 ruas, di Kabupaten Gunungkidul 2 ruas, di Kabupaten Bantul 2 ruas, dan di Kabupaten Sleman 2 ruas. Selain itu Jembatan Pandansimo, Bantul juga turut diresmikan secara bersamaan dengan ketujuh ruas jalan tersebut. “Saya harap jalan ini segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pemerataan serta pertumbuhan ekonomi,” pungkas Jokowi. (Red)