Beredar Surat Palsu Dukungan Muhammadiyah ke PAN, ini Kata IMM Jateng

Beredar klarifikasi terkait dukungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekalongan terhadap Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil 10 RI dan 13 Jawa Tengah. Melalui surat Resmi tersebut Muhammadiyah Kota Pekalongan menyangkal bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi kepada Caleg siapapun.

Ia menegaskan surat yg tertuju kepada Ketua Umum PAN agar membantu nama-nama Caleg yg terlampir adalah surat palsu alias hoax. “Bahwa PDM Kota Pekalongan tidak pernah membuat maupun mengedarkan sebagaimana surat tersebut alias HOAX atau PALSU,“ tegasnya dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris PDM Kota Pekalongan tertanggal surat 29 Januari 2024.

Merespon surat palsu tersebut IMM Jawa Tengah menyayangkan atas kejadian pemalsuan surat rekomendasi mengatasnamakan Persarikatan Muhammadiyah. “Tidak mungkin Muhammadiyah melakukan dukung mendukung dengan menggunakan surat resmi. Karena itu bertentangan dengan khittah dan AD ART Muhammadiyah,“ Kata Moh. Ilyasi Wabendum DPD IMM Jateng.

Ilyas menyampaikan akhir-akhir ini tidak sedikit menemui informasi dari beberapa media tentang dukungan warga Muhammadiyah pada Pemilu 2024. Terutama pada Capres-Cawapres. Meski dukungan tersebut tidak menggunakan nama resmi Muhammadiyah. “Pakainya nama-nama yg identik dengan Muhammadiyah,“ katanya.

Tapi kali ini, lanjut Ilyas, pemalsuan dukungan terhadap Caleg sudah tidak bisa ditoleransi. Pemalsuan surat rekomendasi mengatasnamakan nama besar Muhammadiyah adalah tindakan pidana di luar batas. Karenanya ia meminta agar pihak-pihak terkait yakni PDM Kota Pekalongan dan PWM Jawa Tengah agar mengusut tuntas dan memberikan sanksi yang setimpal terhadap oknum pelaku pemalsuan surat rekomendasi. “Apresiasi kepada ayahanda PDM Kota Pekalongan yg gerak cepat melalukan klarifikasi. Tetapi sebaiknya ada tindakan yg lebih tegas lagi,“ ujarnya.

Lebih jauh Ilyas menambahkan bahwa nama-nama Caleg yang direkomendasikan di dalam surat palsu tersebut juga perlu dimintai klarifikasi. Menurutnya agar mendapatkan informasi yang utuh.

Sebagai informasi sebelumnya beredar surat rekomendasi dari PDM Kota Pekalongan kepada Caleg PAN:
1. Andriyanto Johan Syah, ST, MM (Caleg DPR RI Dapil 10)
2. H. Sofwan Sumadi (Caleg DPRD Jateng Dapil 13)
3. Furqon (Dapil 1 Kota Pekalongan)
4. Mey Amna Hijriyati (Dapil 3 Kota Pekalongan)
5. Wahyuningsih (Dapil 4 Kota Pekalongan

Disusul surat Klarifikasi dari PDM Kota Pekalongan yg menyatakan bahwa surat sebelumnya Palsu alias Hoax. (Red)