Gandeng MPI Banyumas, UMP Hibahkan Perpustakaan Digital Bagi Sekolah Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan literasi di kalangan pelajar dengan menghibahkan perpustakaan digital bagi sejumlah Sekolah Muhammadiyah. Bekerjasama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, hibah tersebut diharapkan dapat memperluas akses pendidikan di tengah perkembangan teknologi informasi. Kepala Perpustakaan UMP, Riski Tri Wismanawati, S.Hum., menyampaikan bahwa program hibah perpustakaan digital ini adalah bagian dari komitmen UMP untuk mendukung dunia pendidikan di lingkup Muhammadiyah. “Melalui perpustakaan digital, kami berupaya menghadirkan literasi di era digital ini, memudahkan akses informasi bagi siswa, guru, dan masyarakat,” ujar Riski saat ditemui di Purwokerto, Kamis (23/11/2023).

Dalam penyaluran hibah ini, Riski menjelaskan bahwa perpustakaan digital dilengkapi dengan koleksi buku digital, dan materi pembelajaran interaktif yang dapat diakses secara online. “Kami berharap perpustakaan digital ini tidak hanya menjadi sarana literasi, tetapi juga merangsang minat baca dan pengetahuan siswa di berbagai tingkatan,” tambahnya. Sementara itu, Ketua MPI PDM Banyumas, Irfan Fatkhurohman MPd, menyambut baik kerjasama ini. Kerjasama antara UMP dan MPI Banyumas dalam hibah perpustakaan digital akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan akses literasi di kalangan pelajar Muhammadiyah.

Irfan juga menegaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan literasi di era digital. “Dengan adanya perpustakaan digital, kami berharap dapat membantu siswa dan guru dalam mengakses sumber belajar dengan lebih efektif,” jelasnya. Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menegaskan pentingnya literasi digital di era perkembangan teknologi saat ini. “UMP berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan dukungan maksimal untuk dunia pendidikan. Hibah perpustakaan digital ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memajukan kualitas pendidikan di Sekolah Muhammadiyah,” ujar Rektor.

Rektor juga mengajak seluruh pihak terlibat, termasuk guru dan orang tua, untuk aktif mendukung pemanfaatan perpustakaan digital ini. “Kolaborasi antarlembaga dan dukungan bersama akan menjadi kunci keberhasilan implementasi perpustakaan digital di sekolah-sekolah Muhammadiyah,” tambahnya.

Menurutnya, hibah perpustakaan digital ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun ekosistem literasi digital yang kuat di lingkungan pendidikan. “Dengan semakin luasnya akses informasi, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang kritis, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” pungkasnya. (tgr)