World Cleanup Day Riau 2023, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Riau Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah di Sungai Sail Kota Pekanbaru

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Riau bekerjasama dengan World Cleanup Day Riau juga bersama komunitas dan stalkholder yang terkait, gelar agenda Aksi Bersih-Bersih juga menggelar Workshop Eco Enzyme juga Poster kampanye aksi tentang lingkungan. Ketua Gerakan WCD Riau, Febbyola Ranum Pratiwi mengatakan gerakan World Cleanup Day dilakukan secara serentak di Indonesia. World Cleanup Day merupakan gerakan global bersih-bersih sampah yang dilakukan serentak setiap minggu ketiga di bulan September. Sejak sukses diluncurkan di Indonesia pada 2018, kegiatan cleanup ini telah memberikan kontribusi signifikan.

Indah Pebriza Ketua Umum PW IPM RIAU mengatakan aksi ini dapat menjadi sarana edukasi dan kampanye agar kita bisa lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, sangat disayangkan apabila sungai seperti ini dipenuhi sampah plastik, ia juga mengatakan bahwasanya kepedulian terhadap lingkungan merupakan salah satu karakteristik dari pelajar muhammadiyah,”

Aksi jaga lingkungan adalah meminimalisir sikap konsumeristik, bijak dalam penggunaan kendaraan, listrik, meminimalisir penggunaan plastik/botol sekali pakai, dan menyuarakan isu-isu lingkungan di media sosial. “Berjuang untuk lingkungan bukan pilihan tapi kewajiban, gak butuh janji, butuhnya aksi.“ Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih. (Rizky)