Wadduh KOKAM DIY Dibekukan Oleh PP Pemuda Muhammadiyah, Berarti..??

Beredar  Surat Keputusan Nomor 1.5/042/1445 yang ditandatangani Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmad, dan Sekjen M Prasetiyo tanggal  29 September 2023. SK ini beredar di sosial media, salah satunya di platform whatssapp.

Isinya, PP Pemuda Muhammadiyah membekukan Badan Pelaksana Operasional Kokam dan SAR DIY. Terhitung sejak SK ditandatangani, Badan Pelaksana Operasional Kokam dan SAR DIY tidak memiliki hak organisasi. Termasuk melakukan kaderisasi dalam bentuk kegiatan apapun, mulai kegiatan internal mapun eksternal.

Bahkan, PP Pemuda Muhammadiyah menegaskan badan pelaksana operasional KOKAM dan SAR DIY tidak memiliki hak dan kewajiban mengelola dan menjalankan aktivitas organisasi. Selanjutnya, Badan Pelaksana Operasional Kokam dan SAR Nasional yang mengambil alih seluruh kebijakan hingga meliputi daerah dan cabang.

Mengapa badan pelaksana operasional Kokam dan SAR DIY dibekukan?
Badan Pelaksana Operasional KOKAM dan SAR DIY dianggap tidak mampu menjalankan organisasi sesuai aturan yang berlaku di Pemuda Muhammadiyah. Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah juga menegaskan, Badan Pelaksana Operasional Kokam dan SAR DIY tidak mengindahkan perintah pimpinan. (ZJ)