Pandangan Islam Terkait Penggunaan Scrunchie

Baru-baru ini dunia fashion semakin hari semakin membludak, terutama perkembangan aksesoris,yang awalnya hanya sebagai pemberi keindahan dibagian luar, sekarang merambah pada dunia perhijaban. Salah satunya yaitu penggunaan scrunchie dikalangan wanita berhijab, terutama anak muda. Penggunaan scrunchie dianggap tren pada masanya apalagi sudah menjajaki era modern,yang semakin lama semakin ada saja model dan gaya terbaru.

Penggunaan scrunchie ini memang memberikan keindahan bagi penggunanya, namun siapa sangka ini menjadi salah satu kesalahan bagi pengguna hijab yang tidak sesuai dalam pandangan islam?

Defenisi Scrunchie
Girls, Siapa sih yang gatau apa itu scrunchie? Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata scrunch adalah menggumpalkan atau mengerut. Scrunchie adalah salah satu jenis ikat rambut yang sedang populer di kalangan kaum hawa, terutama anak muda dan sekarang makin merambah ke dunia perhijaban. Scrunchie dalam hijab digunakan sebagai cepolan agar terlihat rapi dan berisi. Scrunchie umumnya terbuat dari kain berbahan seperti, rayon, satin, katun dan ceruty memiliki sifat yang elastis sehingga dapat membentuk kerutan. Scrunchie biasanya identik digunakan bagi wanita non hijab, karena umumnya pengguanaan scrunchie hanya untuk penghias rambut. Selain sebagai penghias rambut, dibeberapa kalangan scrunchie digunakan sebagai karet gelang yang memberikan keindahan bagi penggunanaya karena terdiri dari banyak jenis modifikasi dan memiliki warna yang bervariasi.

Jenis Scrunchie
Pertama, Scrunchie berbahan satin, scrunchie ini terbuat dari bahan satin yang membuatnya tampak berkilau. Jenis scrunchie ini merupakan salah satu jenis yang banyak diminati oleh orang- orang, karena umumnya scrunchie ini ringan dan modis karena kilauannya. Namun bagi beberapa pengguna, terutama yang menggunakannya untuk cepolan hijab, scrunchie ini terkadang licin dan justru tidak mempertahankan cepolannya.

Kedua, Scrunchie berbahan beludru adalah jenis scrunchie ini terbuat dari bahan beludru halus. Karena terbuat dari bahan beludru, scrunchie ini tidak mudah lepas dan tidak merusak rambut. Selain itu juga bahan ini tetap menjaga isi serta volume rambut agar lebih kokoh dan tegak

Ketiga, Pattern Scrunchie adalah jenis scrunchie dengan pola yang lucu dan unik. Ada banyak jenis pola yang digunakan, mulai dari kotak- kotak, stripes dan bunga. Scrunchie jenis ini sangat banyak diminati kaum hawa, terutama anak muda non-hijab yang bisa menampilkan aksen berbeda dipadukan dengan fashion lainnya. Karena bentuk dan motif yang beragam ini menjadi salah satu jenis paling favorite dan banyak digemari.

Keempat, Transparant Scrunchie adalah ikat rambut yang dibalut dengan kain transparan. Jenis scrunchie ini sangatlah populer di kalangan orang Korea, karena dapat menampilkan kesan yang berbeda namun tetap modis, kain transparn tersebut dapat menambah kesan tampak pada motif scrunchie yang digunakan.

Kelima, Scrunchie rajut adalah tipe scrunchie yang terbuat dari bahan rajutan yang cantik dan unik. Hal ini dapat diproduksi oleh siapa saja karena dapat mengasah kemampuan rajut dan kreatifitas

Keenam, Scrunchie Hijab adalah jenis scrunchie yang digunakan oleh pengguna hijab. Aksesoris ini membantu hijabers dalam merapikan tampilan belakang agar tidak terlihat rata dan berisi

Ketujuh, Scrunchie menyerupai bando atau bandana, merupakan tipe bando dengan model seperti scrunchie. Scrunchie berbentuk bandana ini bikin tampilanmu terlihat lebih elegan dan berkelas.

Pandangan islam tentang penggunaan Scrunchie pada Hijabers
Aksesoris rambut ( Scrunchie) biasanya identik dengan wanita yang tidak menggunakan hijab. Dimana penggunaannya digunakan untuk menghias rambut dan sebagai aksesoris tangan. Akan tetapi, scrunchie juga menjadi populer di kalangan wanita berhijab yang digunakan sebagai cepolan. Kita tahu bahwa scrunchie memiliki bentuk yang bervolume lebar, besar, dan berisi, lain halnya dengan ikat rambut yang biasa.

Oleh karena itu, jika seseorang berhijab menggunakan scrunchie sebagai pengganti ikat rambut, akan terlihat tonjolan di belakang kepala yang membuatnya lebih bervolume dan kokoh. Namun,hal tersebut justru membuat gaya hijab menjadi seperti punuk unta yang dilarang oleh Islam. “Kepala-kepala wanita itu menyerupai punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak akan masuk surga baginya dan tidak akan mencium wanginya surga. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali).” (HR. Muslim)

Maka dari itu, bagi kaum muslim yang berhijab diharapkan tidak menggunakan cepolan rambut yang terlalu besar seperti scrunchie oversized. Karena dalam Islam pengguna hijab dengan tonjolan kepala di belakang seperti punuk unta adalah hal yang dilarang dalam agama.

Jadi Hijabers, kita harus selalu berhati-hati dalam menggunakan sesuatu. Jangan hanya ingin mengejar tren tanpa melakukan tabayyun bagaimana hukum dalam Islam dalam menggunakan sesuatu. Akan tetapi, jika dimanfaatkan dalam hal lain,seperti usaha Scrunchie juga bisa memiliki keuntungan. Atau sebagai aksesoris diluar hal yang dilarang islam, boleh-boleh saja seperti aksesoris yang digunakan oleh wanita yang tidak berhijab sebagai hiasan rambut.
Oleh karena itu, kita sebagai hijabers juga bisa menggunakan dan memanfaatkan scrunchie, namun harus sesuai dengan ketentuan islam seperti menggunakan untuk hal yang bermanfaat seperti usaha dan aksesoris diluar hijab kita seperti penjelasan diatas.


Ditulis oleh: Zahrani Nuril Aghniya
(Mahasiswa Aktif Universitas Islam Indonesia)