Masjid Muhammadiyah Harus Memakmurkan dan Mencerahkan Manusia Brebes

Ketua Lembaga Pengembangan Cabang ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjadi pembicara Tabligh Akbar dalam rangka pengukuhan Unsur Pembantu Pimpinan (UPP) dan Badan Pembantu Pimpinan (BPP) Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu di Aula SMK Muhammadiyah Bumiayu, Jum’at Kliwon, (6/10/2023 M/20 Rabi’ul Awal 1445 H). Ketua Lembaga Pengembangan Cabang ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs.H. Jamaludin Ahmad, S.Psi mengawali tausyiahnya agar semua warga Muhammadiyah dan Aisyiyah di Bumiayu Brebes senantiasa bergembira, bersemangat dan bersyukur atas segala nikmat dari Allah SWT.

Menurut H. Jamaludin Ahmad, salah satu ciri gerakan dakwah Muhammadiyah berkemajuan adalah dilihat dari rantingnya, cabangnya, masjidnya, jama’ahnya dan perkembangan AUMnya.
“Ranting, Cabang dan Masjid adalah sumbu yang sangat luar biasa dari kekuatan dakwah. Cabang dan ranting adalah media awal pergerakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah. Sedangkan masjid merupakan wadah untuk membina jama’ah sekaligus kaderisasi kader unggul nan mumpuni dalam rangka membangun peradaban Islam yang selalu didambakan umat”, ungkap mantan Ketua PP IPM.

Muhammadiyah Bumiayu adalah salah satu dari sekian PCM yang serasa PDM yang sangat mapan, lengkap dan unggul. Hal ini terlihat dari amal usahanya yang telah komplit dan sangat terasa seperti PDM. Amal usahanya banyak, ada PAUD, TK, 1 SDM, 4 MIM, 2 SMP, 2 MTs, 2 SMA, 1 SMK, 2 Klinik Pratama, 1 Rumah Sakit dan dua Pondok Pesantren serta puluhan masjid Mushola, tinggal Perguruan tinggi yang belum ada.

Ketua LPCRPM juga memberikan apresiasi atas penampilan paduan suara Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu yang sangat luar biasa suara dan improvisasinya.
“Semoga Tim Paduan Suara Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu akan dapat membawakan lagu Ranting itu penting agar semakin menggema dakwah ibu-ibu hebat tersebut”, tegasnya. Ia berikan apresiasi juga kepada Mas Asrofi (anggota Kokam Cabang Bumiayu asal Ranting kaliwadas) yang telah melantunkan ayat suci al-Qur’an dengan merdu dan suara tinggi. “Teruslah berlatih mas Asrofi agar suaranya semakin menjadi salah media pembangkit semangat juang kawan-kawan di persyarikatan dan menjadi magnet ampuh dakwah Muhammadiyah berkemajuan agar semakin menggembirakan dan menggerakan umat untuk berlomba membawa panji dakwah Islam melalui persyarikan Muhammadiyah”, tuturnya.

Ketua LPCRPM PP Muhammadiyah, Drs.H. Jamaludin Ahmad, S.Psi juga meresmikan gedung Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Bumiayu yang berada di Jalan Lingkar Bumiayu.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bumiayu, Drs. H. Sukmono secara resmi mengukuhkan Unsur Pembantu Pimpinan (UPP) untuk mendukung pelaksanaan program kerjanya. Pengukuhan UPP yang terdiri dari 8 Majelis, dan 1 Lembaga. Pada kesempatan yang sama Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Bumiayu, Siti Khasanah, S.Pd juga mengukukuhkan Badan Pembantu Pimpinan (BPP) yang terdiri dari 6 Majelis. Pengukuhan UPP dan BPP ini diselenggarakan secara simbolis di Aula SMK Muhammadiyah Bumiayu, Jum’at Kliwon,, 6 Oktober 2023 disaksikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Cabang ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs.H. Jamaludin Ahmad, S.Psi.

Pengukuhan Unsur Pembantu Pimpinan (UPP) Muhammadiyah Cabang Bumiayu yang awali pembacaan naskah komitmen kesanggupan yang dilakukan oleh Drs. H. Sukmono selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bumiayu kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Badan Pembantu Pimpinan (BPP) Aisyiyah Cabang Bumiayu yang dilakukan oleh Siti Khasanah, S.Pd selaku Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Bumiayu Brebes.

UPP Muhammadiyah Cabang Bumiayu yang dikukuhkan adalah Majelis Tabligh, Pembinaan & Pemberdayaan Masjid dan Mushola (MT PPMM), Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Majelis Dikdasmen dan PNF), Majelis Pendidikan Kader & Sumber Daya Insani (MPK SDI), Majelis Pemberdayaan Ekonomi, Bisnis, Pariwisata & Pengembangan UMKM (MPEBP dan Pengembangan UMKM), Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU), Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS), Majelis Pemberdayaan Wakaf (MPW), Majelis Pustaka dan Informasi (MPI), dan Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMu). Sementara Badan Pembantu Pimpinan (BPP) Aisyiyah Cabang Bumiayu yang dikukuhkan adalah Majelis Tabligh, Majelis Dikdasmen dan PAUD, Majelis Kesejahteraan Sosial, Majelis Pembinaan Kader, Majelis Kesehatan, serta Majelis Ekonomi dan Kesejahteraan.

Yang menarik dalam acara pengukuhan tersebut adalah lahirnya Majelis Baru dalam Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bumiayu Periode 2022-2027, yaitu Majelis Pustaka dan Informasi (MPI). Majelis baru ini diisi oleh pakar aktivis Media dan Informasi dan dikomandani oleh Dosen Universitas Peradaban Bumiayu, Yusuf Yudisthira, M.Kom didampingi Dosen STIMIK Muhammadiyah Paguyangan, Humam Rosyadi, M.Sc selaku Sekretaris dan Guru SMK Muhammadiyah Bumiayu, Rinto Kristiawan, S.Pd sebagai bendahara. Sedangkan divisi terdiri dari Divisi Jurnalisik diamanahkan kepada Tarqum Aziz, SHI, M.Pd (JurnalisMu dari Media MBS Bumiayu), Pustaka & Kearsipan: Imam Baehaqi, ST, Radio & Penyiaran: Rinto Kristiawan, S.Pd, serta Media & Komunikasi: Ilman Fikri, S.Kom dan M.Jafar Salman al-Farisi, S.Kom.
Ketua PCM Bumiayu, Drs. H. Sukmono menyampaikan pentingnya UPP dan BPP dalam membangun kebersamaan menjalankan amanah persyarikatan yang telah diamanahkan agar misi dakwah persyarikatan Muhammadiyah yang berkemajuan semakin membumi. “Selamat dan Sukses kepada kawan-kawan UPP PCM Bumiayu dan BPP PCA Bumiayu yang baru saja dikukuhkan. Semoga amanah ini menjadi awal yang baik untuk sebuah gerakan yang lebih progresif dalam gerakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah berkemajuan yang terus memberdayakan umat dan mencerahkan semesta”, ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua LPCRPM PP Muhammadiyah (Drs.H. Jamaludin Ahmad, S.Psi), Wakil Ketua PDM Brebes (M.Faqih Maftuh, S.Ag), Forkompincam Majenang (Camat, perwakilan Polsek dan Perwakilan Koramil Bumiayu), PCM, PCA Bumiayu, Kepala AUM se-PCM-PCA Bumiayu dan puluhan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Cabang Bumiayu yang ikut ambil bagian dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintas jalan, serta undangan lainnya (Tarqum Aziz/Red).