Ketua PCM Bumiayu: Muhammadiyah Ranting Langkap Serasa Cabang Menggembirakan Umat

Sekitar 1.500 warga dan simpatisan Muhammadiyah ikuti jalan sehat mengelilingi ruas jalan di Desa Langkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah yang diadakan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Langkap, Ahad (1/10/2023/15 Rabi’ul Awal 1445 H).

Jalan sehat sepanjang 2 kilometer yang dimulai dari TK ABA Langkap itu digelar dalam rangka menyambut Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap yang pertama kali akan dilaksanakan di wilayah PCM Bumiayu Brebes. Kegiatan yang lepas langsung Ketua PCM Bumiayu, Drs.H.Sukmono. Acara tersebut juga dimeriahkan pemeriksaan kesehatan dari RSU Siti Aminah Bumiayu serta pembagian hadiah undian berbagai door prize dengan hadiah utama 1 unit Kulkas.

Ketua PCM Bumiayu, Drs.H.Sukmono dalam sambutannya sangat mengapresiasi jalan sehat yang diikuti oleh ribuan para peserta yang begitu bersemangat dan antusias dari berbagai kalangan dan tingkat anak-anak usia dini hingga dewasa. Drs.H.Sukmono mengatakan akan selalu mensupport dan akan terus membantu pergerakan Muhammadiyah tingkat ranting dalam berbagai program dan kegiatannya. “Kegiatan jalan sehat pagi hari ini sangat luar biasa dan sangat istimewa, semarak dan ramai sekali karena diikuti oleh + 1.500 orang. Ini serasa kegiatan Cabang yang menandakan dakwah yang terus berkemajuan. Semoga dapat dicontoh dan dapat menginspirasi PRM lainnya”, katanya.

Ia juga berharap jalan sehat ini sebagai gebyar sambut kegiatan Musyawarah Ranting akan menjadikan sebagai media bagi seluruh warga persyarikatan Langkap agar semakin semangat dalam mendakwahkan Muhammadiyah. “Jalan sehat pagi hari ini adalah salah satu momen yang bisa meningkatkan sinergitas dan solidaritas dalam mewujudkan dakwah berkemajuan persyarikatan yang menggembirakan dan menggemakan yang akan terus mencerahkan semesta”, tegasnya.

Ketua PRM Langkap, Abdul Mukti, S.Pd mengatakan bahwa semarak jalan sehat tersebut diadakan dalam rangka menyambut Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap yang akan dilaksanakan pada hari ahad, 8 Oktober 2023 di MI Muhammadiyah Langkap. “Alhamdulillah jalan sehat dengan tujuan menggembirakan warga dan menyehatkan badan pada pagi hari ini nampak semarak dan meriah. Semoga jalan sehat ini dapat menjadi salah satu media untuk semakin membangun kebersamaan dan kekompakan seluruh warga persyarikatan dalam membumikan dakwah berkemajuan yang akan terus bersinar dan mencerahkan semesta”, ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa para peserta jalan sehat tersebut akan mengitari 4 wilayah RW di Desa Langkap, yaitu RW 2, RW 3, RW 4 dan RW 5. “Mereka akan membaur menyusuri rute sepanjang 2 kilometer dengan star dari TK ABA Langkap, MIM Langkap, Dukuh Suren, Dukuh Karang Sempu, Balai Desa Langkap, Dukuh Karang Poh, SMPN 3 Bumiayu, Masjid al-Istiqomah, Dukuh Waringin belok kanan ke jalan rel Keret Api dan finish di TK ABA Langkap”, Jelas Ketua PRM Langkap.

Ndan Salim, salah seorang anggota Kokam Bumiayu mengatakan bahwa salah satu bentuk partisipasi KOKAM adalah menjaga ulama, para tokoh dan umat Islam yang akan mengikuti acara jalan sehat tersebut
“Alhamdulillah, saya dan kawan-kawan dapat berpartisipasi dalam mengamankan kegiatan Jalan Sehat warga dan simpatisan Muhammadiyah di Desa Langkap Kecamatan Bumiayu pada hari ini,” ujar Kokam senior Bumiayu disela-sela kesibukannya mengatur lalu lintas jalan di Desa Langkap.

Ketua Panitia Jalan Sehat, Jarwoto mengatakan bahwa Jalan Sehat yang diikuti ribuan warga Desa Langkap ini berlangsung sangat meriah karena adanya doa, dukungan, dan partisipasi berbagai pihak. “Terima kasih yang setulus-tulusnya kami sampaikan kepada semua panitia, warga persyarikatan, kepala AUM, PCM, Kades, Kokam dan peserta serta donatur yang telah turut sukseskan agenda sambut Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap. Semoga semua yang telah kita lakukan akan tercatat sebagai amal jariyah dengan pahala yang berlipat ganda”, ucapnya.

Jalan sehat menyediakan sejumlah 215 doorprise dengan hadiah utama Lemari ES. Door prize ini merupakan donasi dari beberapa pihak, di antaranya RSU Muhammadiyah Siti Aminah, Anggota DPRD Kabupaten Brebes (H. Imam Sairi, S.Pd.I), Anggota DPRD Jawa Tengah (H.Sururul Fuad, Lc, MEI), PCM dan PCA Bumiayu, LAZISMu PCM Bumiayu, SMK Mutubumi, Ponpes MBS Bumiayu, Toko Hery Jaya, PRM dan PRA Langkap, MIM Langkap, TK ABA Langkap, Warga persyarikatan, serta dukungan dana dari beberapa pihak, ungkapnya.

215 doorprise tersebut terdiri dari 15 Payung, 10 Tok Nasi, 5 Poci, 4 Kipas Angin, 5 Tremos, 5 Handuk, 5 Baskom, 10 Celengan, 5 Bok Donat, 6 set Toples, 5 Mangkok, 5 Mug, 3 set Cangkir, 10 Botol Air Mineral, 8 Buku, 1 kompor, dan 1 buah hadiah utama berupa 1 unit kulkas, tegas Ndan Jarwoto. “Alhamdulillah 215 doorprise dan hadiah utama telah dibagikan kepada peserta sesuai nomer yang diundi. Hadiah utama berupa 1 unit Kulkas didapat oleh Bapak Khariri, salah seorang warga persyarikatan ranting langkap yang bekerja sebagai Pegawai RSU Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu”, tambahnya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua PCM Bumiayu (Drs.H.Sukmono), Wakil Ketua Bidang Tabligh dan Tarjih (Sepudin, S.Pd.I), Wakil Ketua Bidang MPI (Emmi Fathunnajah, ST., MBA), Sekretaris PCM Bumiayu (Indra Purwanto, M.Pd), Kepala Desa Langkap (Mustholih), Kepala MIM Langkap (Muhammad Taufik, S.Pd.I), Kepala TK ABA Langkap (Kurniasih, S.Pd.AUD), puluhan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Cabang Bumiayu yang ikut ambil bagian dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintas jalan, serta undangan lainnya (Tarqum Aziz).