Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya Gandeng TPA Muhammadiyah dan NU Adakan Lomba dan Tilawah

KKN UM Surabaya Kelompok 23 yang bertempat di Desa Karangsemanding Kecamatan Balongpanggang Gresik mengadakan lomba Adzan dan Tilawah untuk kategori santri TPA dari dua Organisasi Masyarakat yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Acara tersebut di selenggarakan di Balai Desa Karangsemanding pada Tanggal (18/08/2023). Peserta lomba terdiri dari TPA At Taqwa dan Al Maghfur, masing- masing TPA mengeluarkan degelasinya yakni 10 santri dari katageri lomba terkait. Dalam acara ini di hadiri oleh Kepala Desa Karangsemanding, teman- teman KKN, Ustadz-Ustadzah TPQ, dan para santri dari kedua TPQ.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Karangsemanding yakni Bapak H. Ahmad Zaini menuturkan acara semacam ini perlu diadakan untuk memperkuat tali persaudaraan. “Kami mengapresiasi adek- adek KKN yang mengadakan acara perlombaan ini, acara demikiann penting untuk di laksanakan untuk menggalih potensi anak- anak di Desa kami, dan lebih jauh dari itu untuk menjaga tali persaudaraan sesama penerus bangsa”. Tururnya. Di lain itu Kepala Desa Karangsemanding juga menyampaikan harapanya melalui kegiatan perlombaan ini terjalin kerukunan bersama walaupun berbeda latar belakang organisasi kemasyarakatan. “Kami mewakili aparat desa menyampaikan harapan besar pada anak- anak di kedua TPQlA untuk tetap menjalin tali persaudaraannya dan tidak ada saling iri-irian terkait siapa yang akan menjadi pemenang lomba dan dalam perlombaan ini bisa menjadi manfaat bagi anak-anak agar bisa terus meningkatkan ilmu keagamaannya,” Pungkasnya.

QS. Ali Imran ayat 103yang menjadi dasar dan spirit teman-teman KKN kelompok 23 dalam mengadakan kegiatan lomba keagamaan ini, sebagaimana arti dalam surat tersebut adalah “Berpegangteguhlan kalian pada tali Allah, dan janganlah berpecah belah”. Sehingga besar harapan spirit ayat ini menjadi substansi pemersatu dari berbagai perbedaan yang ada untuk tetap bersama dalam kebaikan di tengah perbedaan yang ada.

Perlu di ketahui dalam perlombaan keagamaan ada lomba tilawah yang dimana santriwan dan santri wati dari dua TPQ ini membaca surat-surat pendek pilihan dari juri teman-teman KKN yakni Surat Al- Qariah, Adh Dhuha, dan At- Thin. Sedangkan lomba Adzan yang dikumandangkan menggunakan Adzan Shubuh. Di penghujung acara teman-teman KKN memberikan sertifikat kepada seluruh peserta lomba keagamaan dari TPQ Al-maghfur dan TPQ At-Taqwa ini sebagai apresiasi untuk adik-adik agar tetap semangat menggalih bakat mereka dan juga meningkatkan minat belajar mereka dalam aspek keagamaan. (M. Zibbat/Red)