Falahi SMA Muhi Yogyakarta Bersih Pantai Goa Cemara Bantul

Falahi SMA Muhi Yogya gelar latihan gabungan bersama Palagama Mayoga MAN 3 Sleman. Kegiatan ini digelar pada Ahad, 13 Agustus 2023 di Pantai Goa Cemara Bantul dan diikuti oleh 40 peserta didik kelas X,XI,XII yang menjadi anggota Falahi. Kegiatan Latihan gabungan ini dikemas menjadi acara bersih pantai. Tafakkur Alam Muhi (Falahi) merupakan organisasi pecinta alam SMA Muhi. Sedangkan Palagama Mayoga merupakan organisasi pecinta alam MAN 3 Sleman.

Peserta kegiatan berkumpul di sekolah pukul 07.00 WIB. Kegiatan Latihan gabungan diawali dengan pelepasan secara simbolis oleh Wakil Kepala Urusan Kesiswaan SMA Muhi, Edo Lestari, M.Psi. di halaman sekolah. Ia berpesan agar seluruh peserta dapat menjaga nama baik diri sendiri dan institusi selama kegiatan latihan gabungan ini berlangsung. Sebelum berangkat menggunakan bus, acara diawali dengan berdoa bersama. Setelah perjalanan selama 1 jam, akhirnya pukul 08.30 WIB rombongan tiba di Pantai Goa Cemara. Setelah pengkondisian di lokasi selesai, peserta langsung bergerak secara berkelompok untuk melakukan kegiatan bersih pantai di area pantai. Para peserta juga melakukan edukasi kepada wisatawan di Pantai Goa Cemara untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Syadah Khusniawati, M.S.I selaku guru pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini salah satu upaya wisata edukasi dan tadabur alam bagi anggota Falahi. “Tadabbur alam merupakan sebuah aktivitas belajar dalam rangka mengenali segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, sekaligus mengenali dan mencintai Allah SWT. Dengan tadabbur alam, manusia bisa lebih dekat dengan alam dan juga Tuhan-Nya, sehingga bisa menjaga dan melestarikan alam dan menjalankan perintah-Nya,” paparnya.

Riksanto selaku Pembina Falahi mengatakan dengan menjaga kebersihan pantai maka akan terjaga juga ekosistem kehidupan biota di laut yang dalam siklus rantai makanan juga akan kembali dapat dinikmati manusia. Karena itu jika ekosistem laut di jaga dengan kebersihan pantai, maka aneka ragam hayati dan biota laut yang akan menjadi bagian dari satu rangkaian dan rantai makanan manusia tidak akan berdampak buruk. Laut yang bersih juga akan meningkatkan kunjungan wisata ke pantai dan berdampak ke perekonomian masyarakat.

Setelah peserta selesai melakukan bersih pantai, acara dilanjutkan dengan kegiatan sharing dan makan siang. Acara sharing ini dikemas dengan santai sambal menikmati pemandangan pantai yang penuh dengan hutan cemara ini. Sharing session ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota Falahi mengenai pemeliharaan dan pengelolaan sampah di lingkungan. Selain itu, sebagai bentuk solidaritas dengan berbagai elemen dalam melakukan pelestarian alam yang berkelanjutan, khususnya di wilayah pantai.

Sebagai rangkaian dari edukasi, penyampaian materi tersebut dilakukan secara berkelompok agar dapat diterima dengan baik. Antusiasme dari anggota Falahi tampak lebih mendalam ketika mengetahui kondisi sampah di Yogyakarta yang memprihatinkan. Maka dari hal tersebut, dapat menjadi langkah awal mahasiswa dalam memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Setelah Sholat Dzuhur dan bersih diri selesai, para peserta mengakhiri kegiatan bersih pantai ini. Akhirnya rombongan tiba di SMA Muhi sekitar pukul 15.00 WIB. (Yusron/Red)