SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Sabe Juara 1 Lomba Video Edukasi Guru dalam Anugerah Kihajar 2023

SMP Muhammadiyah Al Mujahidin berhasil meraih Juara 1 Lomba Video Edukasi Guru yang diselenggarakan oleh Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY dalam Anugerah Kihajar Tahun 2023. Dengan tema Indonesia Bermartabat, Membangun Karakter Bangsa Melalui Muatan Bernuansa Budaya dan Kearifan Lokal Khas Kejogjaan, sekolah ini mampu menyuguhkan cerita yang apik.

Video edukasi karya Tim SMPAM TV dengan durasi 9 menit ini berjudul Ngajeni. Ide cerita muncul karena keresahan kami terhadap sikap generasi muda saat ini yang minim unggah-ungguh dan kurangnya melestarikan budaya. Dalam videonya disampaikan bahwa Generasi Milenial berperan penting sebagai jembatan antara Gen Z/Alpha dengan Gen Baby Boomer. “Sebetulnya, cerita kami begitu kompleks jika dipahami. Pentingnya Gen-Milenial untuk meneruskan apa yang sudah diwariskan Gen-Baby Boomer kepada Gen-Z (generasi muda) saat ini. Unggah-ungguh, budaya, dan pola asuh.“

Sebelum Ngajeni, SMPAM TV juga pernah menerbitkan video pendek berjudul Guru Merdeka dalam Lomba Video Edukasi Tahun 2022 yang diselenggarapan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. (dianingtyas/red)