Pimpinan Ranting Muhammadiyah – Aisyiyah Ujung Tombak dan Ujung Tombok

Ahad 14 Mei 2023 yang lalu mas Makmun Murod sebagai rektor UMJ kembali mengingatkan tentang UJUNG TOMBAK dan UJUNG TOMBOK pada saat sambutan di Aula FT UMJ Cempaka Putih dalam acara Silaturrahim Syawal PDM Jakarta Pusat. Pernah suatu waktu di tahun 2008 pada sebuah acara pengkaderan, seorang anggota majelis di tingkat Pimpinan Pusat menjadi narasumbernya, setelah selesai ceramah kami makan siang satu meja, kami berdiskusi cukup lama.

Di akhir diskusi saya bertanya kepada yang bersangkutan ” Bapak aktif di PRM mana?“. Kemudian yang bersangkutan tidak menjawab lalu dengan buru buru minta ijin meninggalkan tempat dengan alasan ada acara di tempat lain. Kemudian di kesempatan lain, ada seorang Muballigh Muhammadiyah mengisi pengajian, Beliau cukup dikenal dan rutin mengisi kajian di beberapa Masjid Muhammadiyah. Setelah beliau mengisi ceramah, ada waktu sedikit beramah tamah sambil mencicipi snack dan secangkir kopi, saya bertanya kepada beliau, “Ustadz ini dari PRM mana ?“ Beliau tidak menjawab pertanyaan saya , kemudian beliau mengalihkan pembicaraan tak lama kemudian permisi dan pergi pulang

Juga pada sebuah acara kami beramah tamah dengan seorang dosen wanita dari PTM. Beliau cukup aktif mengisi acara baik di Aisyiyah maupun Muhammadiyah dan menjadi anggota di majelis tingkat provinsi sudah beberapa periode. Ketika ada kesempatan beramah tamah , kembali saya bertanya, ” Ibu tinggal di mana ? ” , beliau langsung menjawab nama sebuah daerah di Jakarta. Kemudian saya melanjutkan bertanya.” Di daerah tempat tinggal ibu, PRA nya di sebelah mana yaa?“ Ibunya tampak bingung mendengar pertanyaan saya, beliau tidak menjawab , dan tak lama beliau pamit meninggalkan tempat.

Waktu Pileg yang lalu ada seorang calon DPD DKI Jakarta, mengisi pengajian bulanan di salah satu PDM di DKI Jakarta. Sang moderator di awal acara dalam membacakan biodata yang bersangkutan , menyatakan adalah kader, dilanjutkan rekam jejak beliau menjadi pimpinan di AUM dan terakhir menjabat sebagai ketua komisioner di sebuah lembaga negara. Setelah acara dan saat ramah tamah , kembali saya tanyakan, “Sekarang Bapak aktif di PRM mana?“ Beliau hanya senyam senyum lalu mengalihkan pembicaraan dan tak lama kemudian meninggalkan tempat.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah – Aisyiyah adalah jenjang struktural Muhammadiyah Aisyiyah setingkat desa, dan merupakan ujung tombak bagi gerakan dakwah Islamiyah yang dilaksanakan Muhammadiyah/Aisyiyah karena Pimpinan Ranting Muhammadiyah/Aisyiyah menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan warga Muhammadiyah. Sebagai ujung tombak dan ujung tombok dari gerakan dakwah Islamiyah yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah. Pimpinan Ranting Muhammadiyah/Aisyiyah adalah kekuatan paling nyata yang dimiliki Muhammadiyah, karena di level inilah sebenarnya basis-basis gerakan Muhammadiyah bisa dilaksanakan secara nyata.

Ditulis oleh: Akmil Faisal
Anggota PCM Mustikajaya Kota Bekasi