Muhammadiyah Makassar Akan Gelar Sholat Idul Adha di Pantai Rosari, Rabu 28 Juni 2023

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar bakal menggelar pelaksanaan Salat Iduladha 1444 H di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari. Sholat Idul Adha itu dihelat pada Rabu 10 Dzulhijjah 1444 H, sesuai putusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yaitu Rabu, 28 Juni 2023. Pelaksanaan Salat Id ini difasilitasi dan didukung penuh Pemerintah Kota Makassar.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Salat Id tersebut, PDM Makassar menggelar rapat persiapan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pada Jumat, 23 Juni 2023 di Pusat Dakwah Islamiyah Muhammadiyah (PUSDIM).

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Azis Ilyas, mengungkapkan, Muhammadiyah Makassar mengapresiasi sikap Wali Kota Danny Pomanto karena berkenan memfasilitasi umat Islam yang berlebaran lebih awal dari pemerintah. Hal itu dinilai sebagai langkah yang tepat untuk menciptakan suasana saling menghormati dan suasana untuk menjaga persatuan umat dan bangsa. “Kami berterima kasih kepada Bapak Wali Kota yang memfasilitasi pelaksanaan Sholat Idul Adha bagi warga Muhammadiyah dan umat Islam yang melaksanakan Slat Id di hari Rabu. Kita bersyukur mendapatkan pemimpin yang bisa mengayomi semua umat dan golongan,” ungkap Azis usai rapat.

Azis mengatakan, kesempatan itu adalah sejarah bagi Muhammadiyah menggelar Salat Id di Anjungan Pantai Losari. Bahkan, masyarakat umum belum pernah menggelar Salat Id di lokasi tersebut. Diketahui, selama ini, Muhammadiyah Makassar memusatkan pelaksanaan Salat Id di Lapangan Awwalul Islam Parangloe. “Kita tetap buka Salat Id di Lapangan Awwalul Islam. Pelaksanaan Salat Id di Losari ini untuk mengakomodasi warga Persyarikatan dan kaum muslimin yang mau melaksanakannya di tanggal 28,” ujar dia.

Azis mengungkapkan, yang akan bertindak sebagai Khatib dalam pelaksanaan shalat Idul Adha nanti adalah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib. Sementara itu, Wakil Ketua Lazismu Muhammadiyah Makassar Salahuddin B akan bertindak sebagai Imam Salat.

Panitia menjadwalkan Salat Iduladha di Anjungan Pantai Losari akan dimulai pada pukul 07.00 WITA. Ia pun mengajak warga persyarikatan Muhammadiyah dan kaum muslimin dan muslimat di Kota Makassar untuk menghadiri pelaksanaan Salat Id itu. “Mari kita ramaikan bersama. Semoga pelaksanaan Sholat Iduladha perdana di Losari tahun ini membawa kebaikan bagi Kota Makassar,” kata Azis.

Sementara itu, Ketua Panitia Salat Idul Adha 1444 H di Losari, Muhammad Imaduddin mengimbau para jemaah membawa peralatan Salat pribadi, membawa kantong ramah lingkungan untuk menyimpan sandal atau sepatu.

“Kita memprediksi akan ada 5.000 jemaah yang akan hadir dalam pelaksanaan Salat Id perdana di Losari nanti,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Makassar, A Ali Harban mengatakan, Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto alias Danny, memang menginstruksikan untuk memberikan sejumlah fasilitas kepada Muhammadiyah, tidak hanya tempat. Ali Harban menyampaikan itu dalam rapat koordinasi antara Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar dan Pemkot, pada Jumat, 23 Juni 2023 di Pusat Dakwah Islamiyah Muhammadiyah (PUSDIM). Karena itulah, lanjut Ali, seluruh SKPD terkait hadir dalam rapat itu. SKPD yang terkait yaitu Satpol PP, Dinas Pariwisata, Bag. Kesra, Dinas Perhubungan, Camat Ujung Pandang, PDAM, dan PD. Parkir Raya Makassar.

Dalam rapat tersebut, pihak Pemkot memastikan tempat Salat Id dan fasilitasnya sudah siap, termasuk toilet dan tempat wudhu. Kepala UPT Pantai Losari Yeyen mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan PDAM agar menyediakan mobil tangki untuk wudhu di sebelah kiri dan kanan area Salat Id.

Berikut ini sejumlah fasilitas yang disediakan oleh beberapa SKPD Pemkot Makassar.

Air Wudhu
Panitia menyediakan tangki air bersih untuk wudhu. Nantinya, tangki itu akan diletakkan di sisi kanan dan kiri area salat id.

Lahan Parkir
Ketua PD Parkir Makassar Raya Cristoper Aviary akan menerjunkan sejumlah petugas parkir. Personalia yang ditugaskan nantinya bertugas mengawasi ketertiban parkir kendaraan jamaah. Selain itu, Taman Gajah disiapkan sebagai lahan parkir kendaraan roda empat. Area itu akan menampung 50 unit mobil.

Satpol PP
Kepala Satpol PP Makassar Supardi mendukung kegiatan tersebut dengan menyiapkan 60 orang anggotanya, termasuk petugas wanita. Personalia yang ditugaskan akan mengawasi keamanan selama rangkaian Iduladha berlangsung. Selain itu, kehadiran petugas dari Satpol PP juga akan mengantisipasi celengan liar.

Jika jamaah Idul Adha kehilangan barang, mereka diimbau untuk berkoordinasi dengan Satpol PP yang bertugas. Jemaah dapat menemui langsung petugas yang mengenakan seragam resmi. (Khittah)