Konsolidasi Anggota KOKAM Kulon Progo Yogyakarta

Kumpul bersama KOKAM Kulonprogo kali ini dilaksanakan di Cabang Kokam Lendah, di Gegulu, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo, Ahad ( 18/6/2023). Ketua PRM Gulurejo, Lendah selaku tuan rumah menyambut baik agenda sarasehan KOKAM Kulonprogo dan berharap KOKAM menjadi penghasil kader yang akan meneruskan dakwah Muhammadiyah. Upiyo Al Hasan selaku Komandan Daerah KOKAM Kulonprogo menyampaikan agenda-agenda KOKAM Kulonprogo dan persiapan Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Kulonprogo.

Iwan Setiawan selaku Wakil Ketua PWM DIY yang membidangi Angkatan Muda Muhammadiyah, sekaligus alumni Markas Besar Kokam Nasional menjadi narasumber sarasehan KOKAM. Kang Iwan panggilan akrabnya memulai dari membedah Buku Peraturan dan Pedoman KOKAM yang diterbitkan oleh Mabes KOKAM Nasional.

Dalam buku ini dijelaskan secara runtut tentang Muqodimah Perjuangan Kokam, visi dan misi KOKAM dan beberapa hal pokok aturan KOKAM. Dalam sesi diskusi banyak anggota KOKAM yang bertanya tentang Diklatsar KOKAM dan masih banyaknya anggota KOKAM yang menjadi anggota KOKAM tanpa mengikuti Diklatsar KOKAM. Kang Iwan selanjutnya menjelaskan KOKAM sudah memiliki aturan Diklatsar. Baik berkaitan waktu, materi hingga fungsi instruktur Diklatsar. Sehingga kedepan KOKAM yang mengadakan Diklatsar dapat melaksanakan Diklatsar sesuai pedoman KOKAM.

Selanjutnya berkaitan dengan anggota KOKAM yang sudah memakai doreng Kokam ( PDS) tetapi belum ikut Diklatsar, Kang Iwan berharap kedepan anggota KOKAM dapat mengikuti Diklatsar dan dibaret sebagai syarat menjadi anggota KOKAM. Kang Iwan menjelaskan bahwa tidak semua KOKAM secara ideal melaksanakan peraturan dan pedoman KOKAM. Tapi mulai sekarang, aturan dan pedoman KOKAM dapat menjadi sumber dalam melaksanakan perkaderan KOKAM Pemuda Muhammadiyah. Agenda sarasehan diakhiri dengan makan malam bareng seluruh anggota KOKAM Kulonprogo. (KC/Red)