Gerakan Wakaf Buku Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah

Muhammadiyah sebagai bagian dari gerakan literasi selalu memberi dukungan pada pengembangan taman bacaan dan perpustakaan. Baik yang dikelola warga ataupun lembaga pendidikan.

Salah satu program Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah adalah Wakaf Buku. Wakaf Buku adalah donasi buku, selanjutnya buku yg didonasikan akan dikirim ke taman bacaan dan perpustakaan yang memerlukan. Terutama di daerah yang jauh dari pusat literasi yang berada di perkotaan.

Program Wakaf Buku ini dikelola oleh bidang Pustaka Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah. Bidang Pustaka selain melaksanakan program wakaf buku, juga melaksanakan program menggerakkan Serikat Taman Pustaka dan penerbitan buku-buku terpilih bertema Muhammadiyah.

Untuk program wakaf buku edisi awal ini yang menerima adalah Perpustakaan Bintang Ilmu Mts Muhammadiyah Sodo, Paliyan Gunungkidul. Simbolis penyerahan buku dilaksanakan pada Sabtu (17/6/2023) oleh Iwan KC Setiawan selaku anggota Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah. Yang menerima Marwanta selaku Kepala Sekolah Mts Muhammadiyah Sodo, Paliyan, Gunungkidul.

Iwan KC Setiawan menyampaikan bahwa program Wakaf Buku ini sebagai pilot projeck program Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah. Sehingga dapat di copy paste struktur Muhammadiyah di bawahnya.

Program Wakaf Buku ini adalah usaha membantu penyebaran bahan pustaka agar merata. Warga Muhammadiyah atau masyarakat luas, yg memiliki buku, yg ingin mendonasikan buku, dapat menitipkan ke Majelis Pustaka dan Informasi. Selanjutnya majelis dapat mendistribusikan buku ke taman pustaka dan perpustakaan sekolah yang memerlukan.