Dewan Pakar LPP PP Muhammadiyah Silaturrahmi ke Beberapa Tokoh di Bumiayu Brebes

Salah Satu Dewan Pakar Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga menjabat sebagai Presiden Forum for Peace, Human Rights & Development, Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin lakukan silaturrahmi ke beberapa tokoh di Bumiayu, Brebes, Rabu (14/6/2023).

Silaturrahmi pertama dilakukan oleh Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin bersama Ibu adalah KH. Aminuddin Masyhudi, pimpinan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Modern Darunnajat Tegalmunding Bumiayu Brebes. Kehadirannya untuk menghadiri wisuda santri dan menjadi pembicara sekaligus motivator bagi santri yang telah diwisuda, bahkan belian memberikan beasiswa gratis menuju perguruan tinggi untuk dua santri yang berprestasi.

Tujuan silaturrahmi kedua adalah ke kediaman H.Abdul Karim Nagib, salah satu tokoh Muhammadiyah dan salah satu pengarang lagu Mars Pemuda Muhammadiyah. Selain silaturrahmi, beliau bersama isteri yang dikawal langsung oleh KH. Aminuddin Masyhudi beserta para santri penderek Kyai adalah untuk terapi di rumah H.Abdul Karim Nagib. Kehadiran beliau disambut hangat oleh tuan rumah, Pengasuh Pondok Pesantren Ahmad Dahlan Tegal (Kiai Inamullah Fathuri beserta dewan ustadz), Sekretaris Mudir dan Kabiro Humas Media MBS Bumiayu (Ustadz Is Abdurrahman dan ustadz Tarqum Aziz, M.Pd).

Seusai terapi, Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin bersama Ibu yang dikawal langsung oleh KH. Aminuddin Masyhudi beserta para santri penderek Kyai dan H.Abdul Karim Nagib beserta Putranya (Mas Bobby) kemudian mengikuti ustadz Tarqum Aziz, M.Pd dan Ustadz Is Abdurrahman menuju tujuan silaturrahmi yang ketiga, yaitu ke kediaman Mantan Mendiknas RI dan Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Prof.Dr.H.Yahya Muhaimin, MA (alm).
Silaturrahmi keempat adalah Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu.

Kehadiran rombongan Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin disambut hangat oleh jajaran pimpinan, Wakil Ketua BPP MBS (Ustadz M.Faqih Maftuh, S.Ag), Ustadz H.Abdul Karim Nagib (Mantan Mudir), Mudir dan Wakil Mudir (Kiai Sutriyono, S.Ag dan Ustadz Utsman Arif Fathah, Lc, M.Pd) yang didampingi oleh Sekretaris Mudir (Ustadz Is Abdurrahman), Kabag Tarbiyah (Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd) dan Pamong Santri (Ustadz Rizal Imanullah, S.Pd) serta para pimpinan persyarikatan, Ketua PCM Bumiayu (Drs.H.Sukmono), Ketua Majelis Dikdasmen PCM Bumiayu (Drs.Shodiqun), dan Ketua dan Bendahara PRM Bumiayu (HM.Kusen dan H.Muhaimin).

Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin berpesan “Agar PPM MBS Bumiayu terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah berjalan agar dapat terus eksis dan akan dapat menjadi salah satu media kaderisasi ulama Persyarikatan, baik di tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional (seperti slogan MBS Bumiayu: Kaderisasi Ulama Qur’ani). Oleh karenanya, penguasaan kitab kuning, kemampuan Bahasa asing (terutama Arab dan Inggris) harus menjadi sebuah budaya pesantren, di samping pembelajaran adab dan penguatan karakter santri sebagai proses yang awal dilakukan”, tegasnya.
Tujuan silaturrahmi yang kelima adalah Universitas Peradaban Bumiayu, sebuah Perguruan Tinggi yang gagas oleh Prof.Dr.H.Yahya Muhaimin, MA (Alm). Rombongan disambut hangat oleh Rektor (Dr. Muh. Kadarisman, S.H., M.Si.) dan para Wakil Rektor.

Ustadz H.Abdul Karim Nagib beserta putranya kemudian mengajak Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin beserta ibu yang terus dikawal oleh KH. Aminuddin Masyhudi beserta para santri penderek Kyai menuju Museum Arkeologi Brebes yang terletak di BSA Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu. Museum ini menyimpan manusia purba yang diperkirakan oleh para peneliti kepurbakalaan, usianya lebih tua dari manusia purba homo erectus yang ada di Sangiran, Sragen yang berusia 1,5 juta tahun.

Setelah aktivitas silaturrahmi dan safari intelektual selesai, maka rombongan Dr.KH.Muhammad Habib Chirzin beserta ibu yang terus dikawal oleh KH. Aminuddin Masyhudi ditutup dengan wisata kuliner di Rumah Makan Mbang Kulon Wanatirta Paguyangan Brebes. (Tarqum/Red)