61 Lulusan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Lolos SNBT 2023, 17 Diantarnya Diterima UGM

Sebagai “Sekolah Kader Muhammadiyah dan Pemimpin Bangsa”, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (MUHI) terus membuktikan diri sebagai SMA yang sarat prestasi dan diperhitungkan di Kota Pelajar ini. Melalui predikat sebagai SMA Muhammadiyah terbesar di DIY, dengan fasilitas lengkap dan alumninya yang telah sukses di berbagai bidang.

Terbaru 61 alumni SMA Muhi lulusan tahun 2023 berhasil lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023. SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil SNBT ini telah diumumkan secara resmi pada Rabu, 21 Juni 2023 oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Hasil ini tentu menempatkan SMA Muhi menjadi SMA/MA swasta dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos SNBT 2023 dengan total 61 anak. Hal yang lebih membanggakan adalah 17 peserta didik diterima di UGM.

Drs. H Herynugroho, M.Pd., selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyampaikan rasa syukur dan bangga atas hasil SNBT 2023. “Alhamdulillah atas keberhasilan ini. Hal tersebut adalah bentuk prestasi dari semua pihak yang telah bekerja keras untuk mendampingi peserta didik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekolah yang selalu mengawal dan mendoakan keberhasilan program-program unggulan sekolah” paparnya. Keberhasilan ini lanjutnya, membuktikan bahwa kualitas pendidikan di sekolah ini selalu terjaga. “Alhamdulillah tahun 2023 ini terjadi peningkatan hasil SNBT yang signifikan dari tahun lalu. Hal ini menjadi suatu tantangan ke depan agar prestasi ini terus ditingkatkan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMA Muhi memberikan ucapan selamat kepada siswa yang lolos SNBT 2023. Marsuni, S.Pd., selaku wakaur bidang kurikulum menyampaikan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerja keras para guru dan tenaga kependidikan. “Alhamdulillah walaupun persaingan antar sekolah semakin ketat, namun dengan doa dan kerja keras SMA Muhi tetap bisa berprestasi. Semoga kedepan SMA Muhi terus mampu menjawab tantangan zaman” terangnya.

Untuk mencapai keberhasilan tersebut, ternyata sejak kelas X sampai kelas XII Kurikulum sudah membekali peserta didik pelatihan numerasi dan literasi yang menjadi materi utama dalam ujian SNBT. Manfaat literasi numerasi yang di rasakan langsung oleh siswa adalah memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus mengenai perhitungan dan simbol matematika yang di terapkan dalam kehidupan nyata berupa manajemen tugas yang baik dan siswa dapat dengan mudah mengambil keputusan dalam aspek kehidupannya.peserta didik juga dibiasakan meyelesaikan soal-soal pelajaran ditingkat HOTS (high order thinking skill) dan juga membangun budaya berpikir kritis dengan melakukan riset.

Bimbingan Konseling juga selalu memberikan arahan secara tepat kepada peserta didik kelas XII sesuai kemampuan masing-masing. “Bagi siswa yang belum lolos SNBT 2023 jangan berputus asa, masih ada seleksi mandiri di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Bagi yang ingin kuliah di luar negeri bisa berkonsultasi ke BK. Persiapkan diri anda, karena kompetisinya lebih ketat” pungkasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan tim kurikulum, Edo Lestari, S.Pd, selaku koordinator BK SMA Muhi tahun ajaran 2022/2023 mengatakan bahwa BK telah melakukan pemetaan kemampuan setiap peserta didik dengan berbagai tes dan assessment yang hasilnya sangat akurat. “Kami sampaikan rincian 61 peserta didik yang lolos SNBT 2023. 17 peserta didik diterima di UGM, UPN 15, UB Malang 4, UNSOED 3, UNNES 2, UNDIP 2, UM 2, UNAIR 2, UNS 2, ITS 2, IPB 1, UNPAD 1, UNP 1, ITB 1, UNJA 1, UNY 1, UNHAS 1, UNEJ 1, UNESA 1, dan Univ Khairun 1 peserta didik” pungkas beliau. (Yusron/Red)