Kolaborasi Unmuh Aceh dan UIN Ar Raniry Wujud Tri Dharma

Kolaborasi Program studi Tadris Biologi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) dengan Program Studi Biologi Fakultas Sainstek UIN Ar Raniry di pasantren Al-Manar Aceh Besar pada Selasa, 30 Mei 2023. Dalam hal kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus mendukung program MBKM dalam melaksanakan implementasi MoA dengan Prodi Biologi UIN Ar-Raniry.

PKM ini mengusung tema “Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Pasantren Al – Manar Aceh Besar”. Ecoprint merupakan teknik pewarnaan kain dan pencetakan motif dengan menggunakan bahan alam dari daun serta bunga. Kegiatan PKM ini diikuti oleh 8 dosen Prodi Tadris Biologi UNMUHA Qurratu Aini, S.Si., M.Pd, Cut Novrita Rizki, S.Pd., M.Sc., Meutia Zahara, S.Si., M.Sc., Ph.D, Suwarniati, S.Si., M.P, Ulia Hanum, M.Si., Mauizah Hasanah, M.Pd., Fatemah Rosma, M.Pd dan Nurul Fajriana, M.Pd dan 2 dosen Prodi Program Studi Biologi Fakultas Sainstek UIN Ar-Raniry Muslich Hidayat, M.Si dan Diannita Harahap, M.Si serta mahasiswa dari kedua program studi.

Ketua Prodi Tadris Biologi Qurratu Aini, S.Si., M.Pd menyampaikan, pada momen ini bahwa kampus Universitas Muhammadiyah Aceh beberapa tahun terakhir ini terlibat penuh dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) baik program Kampus Mengajar, Magang Bersertikat dan Studi Independent, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Praktisi Mengajar dan lainnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa lebih mengenal Teknik ecoprint di tingkat Aliyah Pasantren Al-Manar Aceh Besar. Memberikan pengetahuan literasi sains serta meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan potensi lokal dari bahan alam berupa tanaman yang ada di sekitar sekolah. Turut dihadiri juga oleh Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Dr. Hamdi Yusliani, M.A dan Ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas Agama Islam Cut Fitriani, M.Pd serta guru pembimbing bidang Biologi Pasantren Al-Manar ibu Naimah Idris, S.Si.

Kegiatan PKM diawali dengan penyampaian materi oleh ibu Meutia Zahara, M.Sc., Ph.D, dilanjutkan dengan implementasi kegiatan atau praktek langsung kepada siswa kelas XI tingkat Aliyah. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok di bagikan kain blacu dan totebag untuk dicetak dan diwarnai dengan kreativitas masing-masing. Peserta sangat senang, antusias , sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Tutup Qurratu Aini, S.Si., M.Pd. (Agusnaidi /Red)