Keraton Yogyakarta Siap Bantu Muhammadiyah Gunungkidul Wujudkan Pusat Gedung Dakwah

Awal bulan Mei Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul memulai pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah. Pagi tadi Senin (01/05/2023) melakukan simbolis peletakan batu pertama. Tahap pertama pembangunan, PDM Gunungkidul akan fokus pembangunan jembatan menuju lokasi calon Gedung Dakwah Muhammadiyah. Direncanakan pembangunan jembatan ini akan mempunyai ukuran lebar 14 meter dan panjang 7 meter. Siang tadi peletakan batu pertama oleh GKR Mangkubumi dan Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta.

Dalam sambutanya, Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi berharap Pusat Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul Allan segera terbangun dan menjadi pusat kegiatan masyarakat, Insya Allah pihak Keraton Ngayogyakarta siap membantu bila dibutuhkan. Beliau juga mengungkapkan semoga di tahun politik ke depan, Muhammadiyah bersama unsur masyarakat lain dapat menjaga suasana sosial masyarakat di Kabupaten Gunungkidul pada khususnya dan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya agar tetap aman dan kondusif.

Gb. Puluhan KOKAM amankan kegiatan peletakan batu pertama

GKR Mangkubumi berharap Muhammadiyah sebagai ormas dan gerakan tertua di Indonesia dapat selalu berdiri di garda terdepan dalam menciptakan keamanan stabilitas bangsa dan negara.

Sementara Bupati Gunungkidul H. Sunaryanto mengharapkan pembangunan Gedung Pusat dakwah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul ini nantinya menjadi pusat pendidikan untuk generasi penerus bangsa untuk meningkatkan indeks pembangunan sumberdaya manusia di Gunungkidul. Bupati berharap ke muhammadiyah Gunungkidul semakin bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk memajukan bumi Handayani. HM sunaryanta mengungkapan akan mencoba menganggarkan dana hibah di tahun depan untuk mensuport pembangunan Gerakan Dakwah dan Sosial Kemasyarakatan di Gunungkidul agar lebih gayeng dan menggembirakan.

Gb. Lokasi Gedung Dakwah Muhammadiyah Gunungkidul

Di lokasi Pusat Dakwah Muhammadiyah yang terletak di Kalurahan Logandeng Kapanewon Playen Gunungkidul ini direncanakan akan didirikan fasilitas masjid, perkantoran majelis, lembaga, dan ortom. Di sini juga akan didirikan kantor layanan haji dan umrah. Di pusat dakwah ini juga akan dijadikan sebagai balai pendidikan dan latihan dakwah dan akan dibangun juga studio produksi dakwah digital.

Prosesi peletakan batu pertama dihadiri Piminan Daerah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting dan ortom. Turut hadir dalam acara tersebut Ir. Ahmad Syauqi Soeratno Calon DPD RI dan sejumlah pejabat pemerintah Kabupaten Gunungkidul. (Red)