Kejurnas Tapak Suci Akan Digelar, Pimwil Jateng Gelar Kejurwil Pelajar

Setelah lama tidak menggelar kejuaraan, Pimpinan Wilayah (Pimwil) Tapak Suci Putera Muhammadiyah Jawa Tengah menggelar Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Pelajar Tapak Suci Jawa Tengah. Kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean Kendal sejak 22 hingga 24 Mei 2023 ini diikuti ratusan pesilat yang berasal dari berbagai Pimpinan Daerah (Pimda) Tapak Suci se-Jawa Tengah.

Hadir dalam pembukaan Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah, Ketua Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah H. Wiwaha Aji Santosa, S.Pd. P.Ua., Ketua PDM Kabupaten Kendal H. Ikhsan Intizam, Lc., M.Ag. beserta segenap jajarannya, Ketua Pimda Tapak Suci 070 Kendal Suprapto, S.H. M.M., P.Ka. beserta segenap jajarannya, Forkopimda Kabupaten Kendal, Pengurus Ponpes Muhammadiyah Darul Arqom Patean, serta segenap tamu undangan dan peserta Kejurwil.

Nampak hadir juga pada pembukaan Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah, Anggota Majelis Guru Pimpinan Pusat Tapak Suci Drs. H. M. Bazin Khafadzi P.Br., Pelatih Senior Tapak Suci H. Ali Sahid, S.Pd., P.Mdy., Penasehat Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah H. Mastur, P.Br., dan Pelatih Senior Tapak Suci di Kabupaten Kendal Supangat, P.Mdy.

Ketua Panitia Kejurwil yang juga Ketua Pimda Tapak Suci 070 Kendal Suprapto, S.H., M.M. P.Ka. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah karena Pimda Tapak Suci 070 Kendal telah dipercaya sebagai tuan rumah Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah. Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada segenap Pimda Tapak Suci se-Jawa Tengah yang turut serta dalam Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah kali ini.

Terdapat 26 Pimda Tapak Suci yang mengikuti Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah Tahun 2023, di antaranya :
1. Pimda Tapak Suci 046 Banjarnegara
2. Pimda Tapak Suci 041 Banyumas
3. Pimda Tapak Suci 077 Blora
4. Pimda Tapak Suci 051 Boyolali
5. Pimda Tapak Suci 085 Cilacap
6. Pimda Tapak Suci 166 Grobogan
7. Pimda Tapak Suci 146 Jepara
8. Pimda Tapak Suci 055 Karanganyar
9. Pimda Tapak Suci 043 Kebumen
10. Pimda Tapak Suci 070 Kendal
11. Pimda Tapak Suci 053 Klaten
12. Pimda Tapak Suci 157 Kudus
13. Pimda Tapak Suci 07 Magelang
14. Pimda Tapak Suci 079 Pati
15. Pimda Tapak Suci 014 Pekalongan
16. Pimda Tapak Suci 135 Pemalang
17. Pimda Tapak Suci 066 Purbalingga
18. Pimda Tapak Suci 062 Kota Semarang
19. Pimda Tapak Suci 058 Sragen
20. Pimda Tapak Suci 017 Sukoharjo
21. Pimda Tapak Suci 111 Tegal
22. Pimda Tapak Suci Temanggung
23. Pimda Tapak Suci 160 Wonogiri
24. Pimda Tapak Suci 023 Wonosobo
25. Pimda Tapak Suci 294 Kabupaten Semarang
26. Pimda Tapak Suci 05 Surakarta

“Kejuaraan Wilayah ini akan menyeleksi Tim Resmi Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah yang akan dikirim untuk bertanding pada Kejuaraan Nasional yang diselenggarakan oleh PP Tapak Suci di Payakumbuh, Sumatera Barat pada 26 Juli 2023,” ucap Suprapto.

Ketua PDM Kendal H. Ikhsan Intizam, Lc., M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan harapan agar para atlet yang akan bertanding dapat sukses bertanding hingga ke tingkat dunia. Menyinggung tema Kejurwil, “Kembalikan Kejayaan Tapak Suci” Ikhsan meminta kepada segenap kader-kader Tapak Suci agar dapat menjadi lebih baik dari para pendahulunya. “Ke depan kalianlah yang akan meraih medali-medali emas itu (pada Sea Games). Tapi harus semangat latihannya, jangan hanya “siap” tapi kalau pas latihan umpetan (bersembunyi),” ucap Ikhsan sembari menceritakan perolehan gemilang atlet Tapak Suci pada Sea Games 2023. Ketua PDM Kendal itu juga berpesan agar pertandingan dapat berjalan dengan sportif dan adil.

Selanjutnya, Ketua Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah H. Wiwaha Aji Santosa, S.Pd., P.Ua. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kejurwil Tapak Suci kali ini nampak sangat luar biasa, sebab banyak pendekar-pendekar yang turut serta hadir menyemarakkan Kejurwil. “Ketika kita berbicara mengenai tema Kejurwil “Kembalikan Kejayaan Tapak Suci”, maka jangan lupa Jawa Tengah. Jawa Tengah adalah penyuplai atlet-atlet pencak silat yang membawa nama bangsa Indonesia ke kancah internasional,” ucap Wiwoho.

Ia juga menyampaikan bahwa Tapak Suci Jawa Tengah senantiasa berkontribusi pada Kejuaraan Nasional dan Internasional, Wiwoho menceritakan bahwa dirinya telah mendampingi berbagai atlet nasional dan internasional yang lahir dari rahim Tapak Suci. “Insyaallah akan lahir atlet nasional bahkan internasional dari Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darqul Arqom Patean Kendal,” tegas Wiwoho.

Ketua PDM Kabupaten Sukoharjo ini juga menyampaikan bahwa nantinya, atlet yang lolos Kejurwil Tapak Suci Jawa Tengah Tahun 2023 akan dikirim untuk bertanding di Kejurnas dengan biaya gotong royong yang diusahakan oleh Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah, Pimda Tapak Suci se-Jawa Tengah, para Pelatih, serta segenap keluarga besar Tapak Suci Jawa Tengah. (Red)