Bekerjasama dengan UMS, SMP Muhammadiyah Al Kautsar Adakan Psikotest Tuk Analisis Minat Siswa

Dalam rangka pengelolaan test psikologi dan pemetaan minat siswa, Fakultas Psikologi UMS bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah al Kautsar Program Khusus (PK) Kartasura adakan test psikotest di ruang kelas SMP Muhammadiyah al Kautsar PK, Sabtu (20/5/2023).

Peserta test psikotes ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP Muhammadiyah al Kautsar PK. Di tiap kelas terdapat tiga petugas test yang berisikan petugas tester, dan dua petugas observer. Total ruang kelas untuk pelaksanaan test psikotes terdapat 12 ruang kelas.

Agenda test psikotest yang dilaksanakan satu hari ini memiliki tujuan selain untuk mengetahui minat dan bakat siswa, juga berguna untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal kecepatan menyerap materi pengetahuan. Sementara itu, output kegiatan ini adalah hasil berupa rekomendasi yang baik untuk siswa kedepannya.

Ihza Rizki Praditya selaku ketua koordinator test psikotes mengatakan bahwa test tersebut diharapkan bisa membantu siswa untuk lebih paham tentang minat ke jenjang selanjutnya dan harus mengetahui bagaimana untuk mempersiapkan kejenjang selanjutnya. Sehingga tidak ada siswa yang salah dalam memilih jurusan kuliah. “Test psikotest ini juga berguna untuk mengetahui kepribadian siswa. Sehingga guru dari SMP Muhammadiyah al Kautsar ke depannya juga bisa menjadi pertimbangan dalam menghadapi beberapa murid yang spesial,” ujar Zahra selaku wakil koordinator test psikotest.

Mayana Shannon, salah satu peserta test psikotest memberi kesan dan harapan positif. “Dalam test psikotest ini saya mendapatkan banyak soal asing yang jarang saya temui. Beberapa soal harus dikerjakan dengan konsentrasi. Harapannya setelah test ini bisa mengetahui kemampuan berfikir yang relevan sesuai dengan minat saya, juga setelah selesei, saya dan temen-temen merasa untuk mengerjakan test psikotest ini bener-bener membuat kinerja otak kami jadi maksimal,” ujar siswa kelas 7B tersebut. (Irawan)