Viral Kritik Lampung Tidak Maju, TikTokers Ini Diteror Pemerintah dan Kepolisian. Mahfud MD Akan Turun Tangan?

Mahfud MD bakal mengusut kasus TikToker Bima Yudho Saputra yang dilaporkan pasca kritik Lampung. TikToker Awbimax alias Bima Yudho Saputra mendapat dukungan dari banyak pihak.

Kini, Mahfud MD turun tangan untuk menangani kasus Bima Yudho Saputra yang dilaporkan setelah mengkritik provinsi Lampung. Menko Polhukam itu menegaskan bahwa dirinya tak tinggal diam. Seperti apa reaksi Mahfud MD atas kasus Bima Yudho Saputra?

Menko Polhukam Mahfud MD akhirnya menanggapi terkait Viral Tiktoker Bima Yudho Saputra dilaporkan ke polisi usai mengkritik provinsi Lampung.

Hal ini disampaikan dalam tayangan Youtube R66 Newlitics, Sabtu (15/4/2023). Dalam tayangan itu, Mahfud MD menegaskan bahwa pihaknya akan segera turun tangan mengusut kasus yang dialami Bima ini. “Bapak sekalu kemenkeu terkait kasus ini, gimana pak apakah di diami atau berkomunikasi dengan Bupatinya?,“ tanya salah satu host.

Menurutnya, pihaknnya akan segera menelusuri kasus ini karena terbukti aparat penegak hukum sudah ikut campur hingga menekan keluarga sang Tiktoker. “Tentu saya akan komunikasi kalau ada APH yang ikut menekan,“ ungkap Menko Polhukam. “Hari Senin saya akan melakukan pendalaman terkait ini, tentu saya tidak boleh diam aparat penegak hukum ikut-ikutan ke soal itu,“ tegasnya,

Kendati demikian, Mahfud MD tak tinggal diam dan akan segera memintai keterangan kepada aparat penegak hukum yang telah ikut campur dalam kasus tersebut. “Kita harus lihat dan meminta keterangan,“ jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Tiktoker Awbimax alias Bima kini tengah trending menyusul aksinya melakukan kritik terhadap Provinsi Lampung yang merupakan tempat tinggalnya. Bima mengkritik provinsi Lampung dengan menyebutkan dajjal hingga sbeut wilayah Lampung sulit untuk maju.

Namun naas, aksi Bima tersebut justru mendapat perlawanan hingga dilaporkan ke Polisi oleh satu tim kuasa hukum Gubernur Lampung, Gindha Ansori Wayka. Ia menilai, semua yang diungkapkan Bima dalam video TikToknya telah memperburuk citra Provinsi Lampung dan menyudutkan provinsi itu. Sebagai putra daerah Lampung, Ginda Ansori mengaku keberatan dengan isi video itu. Ia menganggap, narasi yang dibangun Bima tidak berdasar dan tanpariset terlebih dahulu.

Tak hanya itu, usai Viral, kini orang tua Bima turut kena imbas didatangi polisi hingga di panggil Bupati Lampung. Hal ini disampaikan dalam story Instagram pribadinya yang dikutip akun @undercover.id, Jumat (14/4/2023).

Tiktokers Awbimax menceritakan bahwa sang ayah hari ini, Jumat (14/4/2023) sang ayah yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dipanggil oleh Bupati Lampung Timur. Tak hanya itu, ada juga polisi yang datang ke rumah Bima menanyakan soal data identitasnya

“Bokap gue kan PNS biasa golongan tiga, dan hari ini bokap gue dipanggil sama bupati Lampung Timur, terus ada juga polisi dari kecamatan gue datang,“ ungkap Bima. “Si polisi ini minta ijazah SMP, SMA minta rekening gue semuanya,“ sambungnya.

Lebih lanjut, Bima mengaku bahwa ayahnya disebut oleh Bupati Lampung Timur tidak bisa mendidik anak usai mengkritik Lampung. Bahkan kini sang Tiktokers diminta untuk berhenti mengkritik Lampung. “Bahkan bokap gue dibilang sama Bupati gak bisa mendidik, salah mendidik anak, jadi intinya gue di suruh berhenti mengkritik Lampung,“ jelasnya.

Tak hanya itu saja, Bima bahkan sampai menangis karena kontennya malah berbuntut panjang sampai orangtuanya kena imbas. Bahkan jabatan sang ayah turut terancam usai dirinya Viral mengkritik Lampung. “Sebenarnya gue disini tu baik-baik aja tapi takut orang tua gue loh, apa lagi bokap gue kayak nangis gitu, bokap gue di ancam loh, sementara nyokap gue tenang-tenang aja karena dia cuma bakul jagung doang. Masa kayak gini banget sih, gue cuma mau kritik doang,“ ungkap Bima sembari menangis.

“Udah tuh gue kirim semua, kirim semua alamat gue di Australia, ini mau apa sih? Gue mau dijemput perkara gue mengkritik? Sakit banget sumpah.“

Bokap gue bilang ‘Gue bentar lagi kan pensiun, tiga bulan lagi gue pensiun, lo tenangin dulu jangan marah’, gue gak marah-marah emang gaya ngomong gue begini,” bebernya. Diketahui pula, Bima merupakan pria asal Lampung yang tengah menempuh pendidikan di Australia. (Red)