Singapun Akan Tunduk Pada Orang Yang Takut Sama Allah SWT

Suatu kali ‘Abdullah Ibn ‘Umar pergi untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Tiba-tiba ada satu kejadian yang sedang dihadapi sekelompok orang di jalanan. Dia bertanya, “Apa yang telah terjadi?” Mereka menjawab, “Ada seekor singa menahan jalan kami, sehingga kami tidak bisa lewat.”

Kemudian ‘Abdullah Ibn ‘Umar turun dan berjalan kaki menuju ke singa itu. Dia mengangkatnya dan menyingkirkan dari jalan tersebut dengan tangannya.

Dia lantas berkata, “Rasulullah Muhammad SAW benar-benar tidak pernah berdusta. Beliau pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah menundukkan apa pun pada orang yang takut kepada-Nya. Seandainya seseorang hanya tunduk kepada-Nya, niscaya Dia tidak akan menundukkannya pada apa pun. Allah juga menyerahkan seseorang pada orang yang mengharapkan-Nya. Seandainya seseorang hanya mengharapkan Allah, niscaya Allah tidak akan menyerahkannya pada orang lain.”

Dikutip dari
Al-Hakim al-Tirmidzi, 7 Langkah Meraih Rahmat dan Rida Allah, terj. Ahmad Anis dan Abdur Rosyid Masykur, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2007, hlm. 74-75.

Ditulis oleh: Prof. Dr. Imam Sutomo, M.Ag.
Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Pendidikan Islam UIN Salatiga, Ketua PDM Kota Salatiga 2010-2015 & 2015-2022