Makasih UMP, Telah Menjadi Kampus Kemanusiaan di Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas, dan Polresta Banyumas gelar Donor Darah dan Kemanusiaan di Kantor Pusat Lantai 1 Kampus 1 Ahmad Dahlan UMP, Rabu (12/4/2023) malam. Selain donor darah acara juga dimeriahkan dengan UMP Podcast yang dihadiri langsung oleh Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso, Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuono SPd, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta S SIK Mh, dan Pimpinan Cabang BRI Purwokerto Rizki Farisi.

Sebelum mengikuti UMP Podcas, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso dan Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta S SIK Mh menyempatkan untuk berdonor darah ditempat tersebut. Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso dalam kesempatannya mengatakan untuk donor darah yang digelar di UMP itu sudah terlaksana sejak zaman dulu. Baik di kampus 1 Dukuhwaluh mapun di kampus 2 Sokaraja. “Jadi jika ada dari PMI itu datang ke UMP pasti kita fasilitasi untuk melakukan kegiatan donor darah. Kedepan akan terus begitu, bahkan setiap ramadan kita menyediakan waktu untuk donor darah dimalam hari,” ungkapnya.

Menurut Rektor PMI Banyumas memiliki layanannya yang bagus, cepat dan harus dikembangkan sehingga para pendonor yang ada di UMP bisa nyaman. Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuono SPd mengatakan, manfaat donor darah bagi pendonor sendiri ada dua, pertama untuk kesehatan dan kedua untuk kemanusiaan. Kesehatan itu karena sebelum dilakukan donor bakal ada pemeriksaan, sehingga bisa mengetahui kondisi tubuh dan dicek bisa ketahuan. “Manfaat kedua yaitu kemanusiaan. Karena donor darah itu adalah perbuatan kebajikan. Bisa jadi nanti orang-orang yang pertama kali masuk surga itu para pendonor,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kebutuhan darah sehari itu ada 220 kantong per hari. Berkat dukungan dari berbagai pihak, PMI Banyumas masih memiliki stok untuk 15 hari kedepan. Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta S SIK Mh mengatakan, dari Polresta Banyumas selain melaksanakan tugas di bidang sisi keamanan juga bergerak di bidang kemanusiaan. “Program-program yang kami miliki antara lain adalah salingnya membantu warga masyarakat ketika terjadi bencana alam, kemudian juga bakti sosial termasuk kita donor darah di PMI.

Selain kami datang di UMP, kami Polresta Banyumas juga mengadakan donor darah juga di Polresta Banyumas. Setiap personil Polri ini mereka ditugaskan untuk membantu menugaskan di desa-desa juga,” pungkasnya. (tgr/red)