Mahasiswa Muhammadiyah: “Jika Tak Hasilkan Inovasi, BRIN Dibubarkan Saja“

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah DKI Jakarta mendesak BRIN dibubarkan karena dianggap kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial.
Desakan ini imbas pernyataan yang disampaikan peneliti astronomi BRIN Andi Pangerang yang bernada mengancam warga Muhammadiyah. “Kalau memang BRIN tidak sesuai dengan harapan dibentuknya BRIN, kita mengusulkan BRIN dibubarkan dan para peneliti dikembalikan ke kementerian lembaga terkait sebelumnya,“ kata Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah DKI Jakarta, Ari Aprian di Polda Metro Jaya, Selasa (25/4).

Ari menyebut ini bukan kali pertama BRIN membuat pernyataan kontroversial. Kata dia, beberapa waktu lalu BRIN juga membuat pernyataan terkait ancaman gelombang besar akan melanda Indonesia. “Tapi itu dibantah BMKG, sehingga kami mempertanyakan kok BRIN ini selalu hal-hal yang kontroversial yang ditonjolkan kepada publik,“ ucap dia.

Ari meminta pemerintah melakukan evaluasi BRIN agar tak ada lagi pernyataan-pernyataan kontroversial yang dibuat lembaga tersebut. “Karena BRIN ini lembaga baru di Indonesia, tapi yang diharapkan menghasilkan inovasi dan riset yang akan berdampak pada negara kita ke depan, tetapi lebih menghasilkan hal-hal kontroversial,“ tuturnya. (Red)