Bentuk Kader Muhammadiyah Gunungkidul Mahasiswa UAD Ini Adakan Festival Anak Sholeh di Siraman

Mahasiswa KKN Mubaligh Hijrah Univesitas Ahmad Dahlan yang ditugaskan di Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Festival Anak Soleh sebagai salah satu upaya mencari kader-kader Islami sejak dini. Kegiatan ini diikuti oleh 15 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) se-Siraman dengan total peserta yakni 84 santri, dari mulai santri TK, SD sampai santri di bawah 15 tahun. Beberapa tokoh masyarakat serta pemerintahan setempat turut diundang dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Festival Anak soleh ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 7 April 2023 sejak pagi pukul 08.00-11.00 WIB. Karena jumlah peserta yang cukup banyak dan beberapa cabang lomba yang berbeda beda, tempat perlombaan dibagi menjadi dua lokasi yakni bertempat di gedung dakwah Pimpinan Ranting Muhammdiyah Siraman dan Masjid Ash-Sholikhin.

Adapun cabang lomba yang diadakan ada lima, yaitu lomba mewarnai tingkat TK, menggambar tingkat SD, dua lomba ini dilaksanakan di Gedung Dakwah. Selanjutnya lomba hafalan surat pendek, doa sehari-hari, dan adzan diselenggarakan di Masjid Ash-Sholikhin. Remaja masjid masing masing dan wali santri turut serta mendampingi peserta lomba.

Perlombaan selesai pukul 11.00 WIB, namun untuk pengumuman pemenang tidak diumumkan pada hari itu. Sebab KKN Mubaligh Hijrah ini juga mengadakan acara buka bersama TPA se-Siraman sebagai clossing dari Festival Anak Sholeh ini. Buka bersama dilaksanakan pada hari Ahad, 9 April 2023, mulai pukul 16.00 – ba’da maghrib.

Kegiatan ini berlangsung di halaman masjid Ash Sholikhin. Dalam acara closing ini yang hadir tidak hanya peserta lomba Festival Anak Sholeh, namun semua santri TPA se-Siraman, walisantri, tokoh masyarakat, dan pendongeng islami sebagai pemateri. Total yang hadir di acara clossing ini lebih dari 200 orang.
Santri-santri yang menikmati dongeng islami yang dibawakan Kak Risdy. Riuh tawa terdengar menggema di halaman masjid Ash-Sholikhin saat mendengar kak Risdy yang menirukan suara-suara anak sapi. Selain Kak Risdy juga ada Kak Salsa yang membagikan banyak doorprize dengan melempar pertanyaan-pertanyaan terkait pengetahuan islami. Para santri pun begitu bersemangat dan saling berebut menjawab pertanyaan Kak Salsa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah Festival Anak Sholeh yang telah dilangsungkan jumat lalu. Santri-santri yang TPA nya menang pun ramai memberi teriakan bahagia dan tepuk tangan oleh seluruh hadirin setiap kali ada nama yang dipanggil maju untuk mengambil hadiah. Pembagian hadiah dibantu oleh para tokoh masyarakat untuk menyerahkan piala, piagam, serta bingkisan hadiah. Tak lupa KKN Mubaligh Hijrah juga turut menyerahkan kenang kenangan untuk PRM Siraman yang diterima langsung oleh Ketua PRM Siraman.

Acara ini pun ditutup dengan adzan maghrib sebagai tanda berbuka puasa. Seluruh hadirin bersama sama mengucap doa berbuka puasa dan menikmati konsumsi yang telah disiapkan panitia. Setelah berbuka puasa acara resmi ditutup. Hadirin bergegas mengambil wudhu dan sholat berjamaah di masjid Ash-Sholikhin. Acara ini sangat diapresiasi oleh tokoh masyarakat, salah satunya Ketua PRM Siraman “Selamat, acaranya sukses.” tutur Ketua PRM Siraman. (Red)