210 Driver Ambulance Muhammadiyah dapat Kado Ramadhan dari Lazismu DIY

Menjelang akhir bulan Ramadhan DIY Lazismu DIY bersama Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS), Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) PWM DIY, membagikan kado Ramadhan untuk 210 driver ambulan dari 105 Ambulance di Aula Gedung Muhammadiyah DIY. Program kesejahteraan untuk driver ambulan Muhammadiyah Se-DIY kali ini memberikan paket sembako dan uang tunai sebagai wujud pemenuhan kebutuhan pokok dasar selama menjelang hari lebaran.

Sebanyak 105 unit Ambulan Muhammadiyah (AmbulanMu) DIY tersebar di seluruh daerah dan cabang menjadi kekuatan dakwah persyarikatan di bidang layanan sosial yang dimiliki oleh persyarikatan Muhammadiyah. “Sinergi majelis dan lembaga antara MPKS, MPKU, dan Lazismu DIY bagian kekompakan gerakan sosial dan dakwah persyarikatan. Driver ambulan ini wujud gerakan kita dilandasi atas kerelaan kepada Allah SWT, namun juga perlu diperhatikan atas risiko dari driver,“ kata Jefree fahana ketua Lazismu DIY dalam sambutannya. Ia juga menambahkan Lazismu terus akan menyediakan dukungan dan bantuan dengan semangat penghimpunan zakat, infaq, dan shodaqah dapat berjalan denagan baik. Kedepan berbagai sekenario kesejahteraan driver ambulan terus dikembangkan termasuk dimilikinya BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua MPKS PWM DIY Jaenal Arifin menyampaikan saat ini jumlah armada sejumlah 105 buah dengan total driver 210 orang, dalam satu cabang kadang memiliki lima armada namun juga dalam setiap armada ambulan ada puluhan relawan. “Harapan kedepan program terus berlanjut dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak, perkembangan jumlah titik ambulan terus meningkat dan juga driver dan relawan ambulan.”

PWM DIY mempunyai kewajiban besar dalam memajukan layanan sosial dan mensejahterakan driver AmbulanMu. Kado Ramadhan memiliki makna yang besar bagi driver. “Dari tingkat PDM dan PCM memiliki ambulan, saya bayangkan setiap putaran roda adalah pahala” ungkap wakil ketua PWM DIY, Ariswan. Selain itu juga diharapkan untuk rujukan ambulan dalam melayani pasien diharapkan sinergi dengan PKU Muhammadiyah maupun Klinik Muhammadiyah. Sebanyak delapan RS/PKU Muhammadiyah dan 14 Klinik Muhammadiyah dan Aisyiyah di wilayah DIY sebagai rujukan pasien dalam pengobatan. “Sinergi bersama AmbulanMu dan Rumah Sakit Muhammadiyah bekerja sama dalam kebutuhan pasien, dengan mengirim pasien ke Rumah Sakit jejaring Muhammadiyah. Sampai saat ini penambahan jumlah PKU yang akan dibangun terus berkembang,“ kata ketua MPKU PWM DIY dr. Masykur Rahmat.

Salah satu penerima manfaat dari driver Ambulan Muhammadiyah (AmbulanMu) DIY sangat bangga atas program Kado Ramadhan ini. “Bantuan ini sangat membantu dan bermanfaat sekali, dan terima kasih kepada donator atas partisipasinya dalam ikut mensejahterakan driver ambulan.“ (red)