Mau Mudik Pakai Motor? Persiapkan Ini Terlebih Dahulu

Mudik adalah kegiatan kebiasaan Masyarakat Indonesia yang sudah dikenal di belahan dunia manapun. Istilah mudik pun juga populer saat menjelang Idul Fitri di setiap tahunnya. Ada yang memakai kendaraan umum, kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua. Kali ini kita akan membahas untuk pembaca yang mau mudik memakai motor, apalagi yang jaraknya jauh puluhan hingga ratusan kilometer. Memakai kendaraan roda dua yang saat ini lebih populer dikenal dengan istilah touring

Persiapan touring motor yang perlu disiapkan sebelum berangkat yaitu tentu adalah persiapan fisik dan barang-barang penting yang wajib dibawa. Kondisi tubuh harus benar-benar fit agar sanggup menempuh perjalanan yang jauh. Lalu apa saja hal wajib yang perlu disiapkan ketika akan pergi touring? Berikut ulasannya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh. Sebelum berangkat touring, pastikan Anda menjaga kondisi tubuh agar tetap fit hingga hari H. Jaga kesehatan seluruh tubuh Anda. Bila perlu, selalu minum vitamin. Selain menjaga pola makan, pola tidur juga harus diatur agar cukup istirahat sebelumnya.

Persiapan berikutnya tentunya adalah kendaraan yang akan dipakai untuk touring. Kendaraan tersebut harus memiliki performa yang baik dan tidak sedang bermasalah. Pastikan motor yang akan digunakan sudah siap dan cek semua komponen-komponennya. Dalam hal ini Anda disarankan untuk melakukan pengecekan ke bengkel beberapa hari sebelum berangkat. Cuci juga motor tersebut agar terlihat lebih siap tampil. Jangan lupa cek juga kondisi mesin, oli, rem depan dan belakang. Selain itu, periksa juga fungsi lampu depan dan belakang, serta lampu petunjuk dan isyarat yang ada.

Selanjutnya adalah barang yang wajib dibawa saat berkendara adalah helm. Helm ini menjadi barang wajib karena berfungsi untuk melindungi bagian kepala. Selain itu, memakai helm merupakan standar yang harus dijalankan bagi setiap pengendara. Tentu tidak akan nyaman jika bepergian jauh tanpa menggunakan helm, bukan? Selain helm, surat-surat kendaraan juga wajib untuk dibawa. Bawa Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan KTP Anda yang aktif. Jangan sampai ada satupun yang tertinggal. Hal ini demi keamanan selama berkendara, apalagi jika Anda melewati beberapa kota. Membawa surat kendaraan dan identitas lengkap ini akan menguntungkan Anda. Saat terjadi operasi polisi, Anda pun akan aman karena memiliki dokumen lengkap. Selain itu jika terjadi sesuatu, Anda juga bisa dikenali karena terdapat surat-surat pengenal tersebut.

Barang penting berikutnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu jaket. Sebaiknya Anda memilih jaket anti hujan berbahan parasut agar bisa langsung dipakai saat hujan. Atau Anda bisa juga membawa mantel. Saat touring, waktu akan banyak dihabiskan di perjalanan. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi hujan deras, Anda cukup berhenti sejenak untuk memakai jaket atau mantel. Dengan begitu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan aman. Penggunaan jaket juga berguna untuk melindungi diri dari panas karena matahari atau dingin karena hujan.

Berikutnya persiapan touring motor yang juga penting adalah mengumpulkan banyak informasi mengenai rute dan tempat-tempat yang akan dilalui. Anda bisa memahaminya dengan membaca GPS pada smartphone dan menandainya sebelum keberangkatan, sehingga saat berkendara sudah siap. Pemanfaatan GPS ini sangat penting untuk semua perjalanan. Manfaatnya adalah dapat memberikan informasi yang akurat dan bisa dijadikan alternatif untuk menjaga keselamatan dan keamanan dari tempat yang tidak dikenali. Sebaiknya, GPS atau peta fisik selalu dibawa setiap akan bepergian.

Nah, yang satu ini sepertinya juga wajib sekali untuk dibawa, yaitu dompet. Dalam dompet Anda bisa membawa beberapa uang dan kartu-kartu penting. Hindari membawa uang tunai yang terlalu banyak, dan bawa secukupnya saja. Selebihnya, Anda bisa mampir ke ATM jika membutuhkan lebih. Membawa uang yang berlebihan bisa membahayakan keamanan Anda. Resikonya adalah bisa mengalami pemerasan atau perampokan di jalan. Pastikan menempatkan dompet berisi uang dan barang penting tersebut di tempat yang aman yang tidak akan hilang saat dibawa.

Selain handphone (smartphone), charger dan power bank juga wajib untuk diselipkan. Hal ini demi menjaga daya tahan ponsel Anda selama touring. Siapa tahu ada orang yang menghubungi atau ingin melakukan pencarian informasi lewat handphone. Jadi, kondisi ponsel tersebut jangan sampai mati. Sebelum berangkat, pastikan juga telah mengisi penuh power bank Anda agar bisa langsung digunakan saat di jalan. Selain itu, isi daya baterai ponsel Anda sampai penuh. Dengan begitu, hal ini akan menjamin kapasitas daya baterainya lebih tahan lama selama touring.

Selain jaket dan mantel, pastinya Anda harus membawa pakaian ganti secukupnya. Bepergian beberapa hari tentu tidak nyaman jika tidak mengganti baju, terutama pakaian dalam. Bawa juga peralatan mandi secukupnya seperti sabun, sikat dan pasta gigi, handuk kecil, dan shampoo. Selain itu, bawa juga sandal jepit. Barang ini bisa berguna saat melakukan aktivitas tertentu di samping mengendarai motor yang harus memakai sepatu. Gunakan sepatu dan sandal sebagai alas kaki. Pilih keduanya yang berbahan kuat dan nyaman.

Untuk mempermudah, bawa juga tool kit. Benda ini merupakan beberapa peralatan motor seperti obeng, baut, dan sejenisnya. Hal ini akan membantu saat keadaan motor terasa bermasalah. Jadi jika memungkinkan, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus mampir ke bengkel.

Peralatan selanjutnya yang perlu dimasukkan list adalah flat tire repair kit. Peralatan ini berguna jika motor mengalami kebocoran ban. Pasalnya terdapat pompa atau tabung gas, obeng, lem, dan karet yang bisa digunakan untuk menambal ban. Berbagai persiapan touring motor di atas wajib Anda penuhi demi keselamatan dan keamanan selama berkendara. Terutama bagi Anda yang pemula, maka harus memperhatikan hal-hal sekecil apapun sebelum memulai touring. (Red)